Harga Tiket Pesawat Tinggi, Kemenparekraf Ajak Wisnus Lakukan Road Trip

Senin, 06 November 2023 - 22:22 WIB
loading...
Harga Tiket Pesawat Tinggi, Kemenparekraf Ajak Wisnus Lakukan Road Trip
Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mencatat pergerakan wisatawan Nusantara (wisnus) melalui penerbangan hanya sekitar 10%-15%. Foto Ilustrasi/Dok MPI
A A A
JAKARTA - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mencatat pergerakan wisatawan Nusantara (wisnus) melalui penerbangan hanya sekitar 10%-15%.

Berkaitan dengan rencana penghapusan tarif batas atas tiket pesawat yang dikhawatirkan dapat menyebabkan harga tiket semakin tinggi pada peak season, Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan Kemenparekraf Vinsensius Jemadu memberikan tanggapannya.

“Kemenparekraf mendorong supaya harga tiket bisa diturunkan. Tapi, kembali lagi bahwa ini masalah suplay and demand. Tentunya kita harapkan dari Kementerian Perhubungan ada solusi-solusi lain terkait naiknya harga tiket,” beber Vinsensius dalam The Weekly Brief with Sandi Uno di Jakarta Pusat, Senin (6/11/2023).



Di samping hal tersebut, Vinsen juga mengisyaratkan agar masyarakat bisa memanfaatkan infrastruktur seperti jalan tol saat berwisata.

“Dengan berkembangnya jalan tol atau infrastruktur berupa jalan darat yang bagus, kita mendorong pergerakan wisatawan Nusantara yang melakuakan road trip atau perjalanan darat,” ujarnya.

Vinsen menjabarkan, dari catatan yang ada, terdapat lebih dari 50% atau 55% pergerakan wisatawan Nusantara melalui jalur darat. Vinsen juga menyebut bahwa pihaknya bakal memberikan insentif kepada masyarakat yang berlibur menggunakan kendaraan pribadi.

“Kembali lagi bahwa kita mendorong supaya pergerakan wisatawan Nusantara itu melalui road trip. Kita akan bekerja sama dengan stakeholder lain untuk bisa memberikan insentif-insentif terhadap masyarakat yang berlibur dengan kendaraan pribadi maupun dengan angkutan laut,” tandas Vinsen.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1610 seconds (0.1#10.140)