Ganjar: Kalau Pemilu Nanti Bisa Jurdil, Kita Mesti Bangga Sama Demokrasi Indonesia

Selasa, 07 November 2023 - 18:48 WIB
loading...
Ganjar: Kalau Pemilu Nanti Bisa Jurdil, Kita Mesti Bangga Sama Demokrasi Indonesia
Capres Ganjar Pranowo mengatakan berharap Pemilu 2024 berjalan dengan jujur dan adil. Foto/MPI/Felldy Utama
A A A
JAKARTA - Majelis Kehormatan Mahkamah Konstitusi (MKMK) mencopot Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Anwar Usman . Sanksi tersebut dijatuhkan karena Anwar Usman terbukti melakukan pelanggaran berat terhadap Kode Etik dan Perilaku Konstitusi.

Calon presiden (Capres) Ganjar Pranowo menyebut kebanggaan terbesar sebagai rakyat Indonesia terhadap jalannya demokrasi apabila proses kontestasi politik bisa berjalan dengan jujur dan adil (Jurdil).

Hal ini disampaikan Ganjar menjawab pertanyaan seusai memberikan pidato terkait arah dan strategi politik luar negeri yang dilaksanakan Centre for Strategic and International Studies (CSIS) pada hari Selasa (7/11/2023).



"Ukuran kebanggaan kita, pemilu besok ada yang intervensi nggak? Kalau Pemilu besok bisa jurdil, maka kita mesti bangga sama demokrasi kita," kata Ganjar.

Sebaliknya, jika Pemilu 2024 dihiasi dengan beragam cara yang mengesampingkan nilai-nilai demokrasi maka sesungguhnya Indonesia akan mengalami setback atau kemunduran demokrasi. Oleh karenanya, mantan Gubernur Jawa Tengah itu mengajak kekuatan civil society untuk mengambil peran penting guna menjaga sekaligus merawat demokrasi di Indonesia.



"Sehingga ketika kemudian demokrasi bisa berjalan dengan baik, maka akan ada muncul Ganjar-Ganjar berikutnya," ujarnya.

Ganjar menyampaikan, dirinya bukanlah siap-siapa. Ganjar merupakan seorang anak purnawirawan polisi yang tidak berpangkat tinggi. Bahkan, dirinya mengaku lebih banyak keluarganya menjalani kehidupan dengan beragam kesusahan. Akan tetapi, dengan proses demokrasi, dia bisa hadir dalam acara yang digelar CSIS ini dengan kapasitasnya sebagai capres.

"Tapi saya bangga pada bapak ibu saya, karena mereka rakyat biasa saja, dan mendidik saya untuk seperti ini, itu terima kasih saya," katanya.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.8111 seconds (0.1#10.140)