3 Orang Ini Bisa Bepergian ke Luar Negeri Tanpa Paspor, Siapa?

Kamis, 09 November 2023 - 06:00 WIB
loading...
3 Orang Ini Bisa Bepergian ke Luar Negeri Tanpa Paspor, Siapa?
Ada tiga orang yang bisa ke luar negeri tanpa paspor. Menurut Atossa Araxia Abrahamian, paspor perisai ketika Anda adalah warga negara demokrasi yang kaya. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Ada tiga orang yang bisa ke luar negeri tanpa paspor . Menurut penulis The Cosmopolites: The Coming of the Global Citizen, Atossa Araxia Abrahamian, paspor adalah semacam perisai ketika Anda adalah warga negara demokrasi yang kaya.

Dilansir dari CNBC, Kamis (9/11/2023) namun, tiga orang dikecualikan dari aturan ini. Mereka tidak memerlukan paspor untuk bepergian ke mana pun di dunia.

Ketiga orang tersebut adalah Raja Charles III dari Inggris dan Kaisar Jepang Naruhito serta Permaisuri Masako. Sebelum Raja Charles III, hak istimewa ada pada Ratu Elizabeth II.

Berbeda dengan anggota keluarga kerajaan lainnya, dokumen, bukan paspor, diterbitkan atas nama Raja (atau Ratu) Inggris.



"Sekretaris Negara Yang Mulia Britania meminta dan mengharuskan atas nama Yang Mulia semua pihak yang berkepentingan untuk mengizinkan pembawa untuk lewat dengan bebas tanpa izin atau hambatan dan memberikan bantuan dan perlindungan kepada pembawa jika diperlukan,” jelasnya.

Sementara itu, dokumen Kementerian Jepang tertanggal 10 Mei 1971, menginformasikan bahwa sangat tidak pantas mengeluarkan paspor untuk Kaisar atau Permaisuri. Dokumen tersebut juga menambahkan bahwa sangat tidak pantas bagi Kaisar untuk menjalani prosedur imigrasi atau visa menggunakan paspor sebagai warga negara biasa.

Namun, menurut laporan, istri Raja Charles, Permaisuri Camilla, tidak memiliki hak yang sama dan diharuskan memiliki paspor diplomatik. Dalam kasus Jepang, paspor diplomatik dikeluarkan untuk anggota keluarga Kekaisaran lainnya, termasuk putra mahkota dan putri.

Bagi Kaisar dan Permaisuri Jepang, mereka diwajibkan hanya menunjukkan dokumen kementerian setibanya di negara mana pun. Kementerian Luar Negeri Jepang memberi tahu negaranya terlebih dahulu tentang kedatangan Kaisar dan Permaisuri.



Dalam kasus Raja Charles III, sekretaris pribadinya, Sir Clive Alderton telah dipercayakan tanggung jawab ini. Laporan menunjukkan bahwa Sir Clive Alderton telah menjadi salah satu penasihat Raja dan Ratu Camilla yang paling dipercaya dan sangat dicintai sejak 2006, setahun setelah mereka menikah.

Di sisi lain, orang Jepang paling diistimewakan dalam hal perjalanan. Sebab, mereka memiliki akses bebas visa ke-193 negara. Jepang terus memiliki paspor terkuat di dunia.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1461 seconds (0.1#10.140)