Mengenal Lebih Dekat Jalur Gaza, Medan Tempur Palestina dan Israel

Kamis, 09 November 2023 - 09:32 WIB
loading...
Mengenal Lebih Dekat Jalur Gaza, Medan Tempur Palestina dan Israel
Roket ditembakkan dari Jalur Gaza menuju Israel di atas bangunan yang hancur akibat serangan udara Israel di Kota Gaza, Jalur Gaza tengah, 19 Oktober 2023. Foto/AP/Mohammed Dahman
A A A
GAZA - Jalur Gaza adalah wilayah yang terletak di pantai timur Laut Tengah. Gaza merupakan wilayah yang diinginkan sebagai bagian dari negara merdeka Palestina di masa depan.

Wilayah ini berbatasan dengan Mesir di sebelah barat daya, dan Israel di sebelah timur dan utara. Jalur Gaza memiliki luas sekitar 365 kilometer persegi dan dihuni sekitar 2,3 juta orang, menjadikannya salah satu wilayah terpadat di dunia.

Jalur Gaza telah menjadi lokasi konflik antara Palestina dan Israel selama beberapa dekade. Konflik ini dipicu ambisi Israel menguasai dan menjajah wilayah tersebut.

Pada tahun 2023, konflik ini kembali meletus setelah kelompok Hamas, yang menguasai Jalur Gaza, meluncurkan serangan ke wilayah Israel. Serangan Hamas dilakukan karena Israel terus menyerbu Masjid Al-Aqsa dan melakukan kekerasan pada warga sipil Palestina.

Israel kemudian melancarkan serangan udara dan darat ke Jalur Gaza yang telah menewaskan lebih dari 10.500 warga Palestina.

Konflik ini telah menyebabkan banyak korban jiwa dan kerusakan infrastruktur di Jalur Gaza. PBB telah menyerukan gencatan senjata, tetapi hingga saat ini belum ada kesepakatan yang dicapai.

Berikut adalah beberapa informasi penting tentang Jalur Gaza:

Luas wilayah: 365 kilometer persegi

Penduduk: 2,3 juta orang

Batas wilayah:
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1214 seconds (0.1#10.140)