alexa snippet

Studi: Bekerja dari Rumah Lebih Bahagia dari Kantoran

Studi: Bekerja dari Rumah Lebih Bahagia dari Kantoran
Berdasarkan penelitian, mereka yang bekerja dari rumah merasa lebih bahagia dari pada mereka yang bekerja di kantor. Foto/Ilustrasi/Istimewa.
A+ A-
JAKARTA - Penelitian terbaru menunjukkan, pekerja yang bekerja dari rumah atau remote lebih bahagia dibandingkan mereka yang bekerja kantoran. Pasalnya, suasana rumah yang lebih santai membuat pekerja tidak memiliki tekanan pekerjaan.

Meski tingkat kebahagiaan lebih tinggi, namun peneliti menilai cara kerja rumahan seperti ini memiliki waktu bekerja yang lebih panjang dibandingkan mereka yang bekerja kantoran. Seperti dilansir Time, ada juga tantangan lain yang dirasakan, yaitu kesulitan memisahkan antara urusan rumah dan pekerjaan.

"Pekerjaan yang dijalani dari luar kantor mengharuskan pekerja bekerja lebih keras dan lebih banyak usaha untuk mencapai tujuan. Contohnya 39 persen pekerja remote bekerja lebih lama dibandingkan yang bekerja di kantor," kata penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal New Technology, Work and Employment.

Namun, penelitian ini menunjukkan waktu bekerja yang panjang tidak membuat pekerja rumahan tersebut mengeluh. Mereka merasa pekerjaan yang dilakukan tetap terasa menyenangkan dibandingkan bekerja di kantor.

Berdasarkan hasil penelitian, salah satu peneliti Alan Felstead mengungkapkan perlu dilakukan penelitian lebih lanjut, khususnya untuk melihat manfaat secara psikologis serta biaya bekerja dari rumah.
(tdy)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top