Keindahan Basilica Cistern di Istanbul Turki dan Misteri Kepala Medusa

Rabu, 15 November 2023 - 18:00 WIB
loading...
Keindahan Basilica Cistern di Istanbul Turki dan Misteri Kepala Medusa
Basilica Cistern merupakan reservoir bawah tanah yang terletak di Istanbul, Turki. Foto/sindonews/syarifudin
A A A
ISTANBUL -Basilica Cistern yang juga dikenal sebagai Yerebatan Sarnıcı adalah reservoir bawah tanah yang terletak di Istanbul, Turki . Reservoir ini dibangun pada abad ke-6 oleh Kaisar Justinian I.

Tempat penampungan air yang megah ini memiliki luas sekitar 9.800 meter persegi dan dapat menampung hingga 80.000 meter kubik air.

Basilica Cistern adalah salah satu daya tarik wisata paling populer di Istanbul. Reservoir ini terkenal dengan keindahannya yang unik dan misterius.

Sindonews mengunjungi Basilica Cistern atas undangan Badan Promosi dan Pengembangan Pariwisata Turki (TGA) Kementerian Budaya dan Pariwisata Turki, serta Turkish Airlines.

Keindahan Basilica Cistern

Salah satu hal yang membuat Basilica Cistern begitu indah adalah pilar-pilarnya yang besar dan megah. Pilar-pilar ini terbuat dari marmer dan dihiasi dengan ukiran-ukiran yang rumit.

Ukiran-ukiran ini menggambarkan berbagai macam makhluk mitologi, seperti Medusa, triton, dan siren.

Selain pilar-pilarnya, Basilica Cistern juga memiliki 336 buah mata air yang mengalirkan air dari Selat Bosphorus.

Mata air ini memberikan penerangan alami di reservoir dan menciptakan suasana yang damai dan menenangkan.
Keindahan Basilica Cistern di Istanbul Turki dan Misteri Kepala Medusa

Misteri Kepala Medusa

Basilica Cistern menyimpan banyak misteri dan rahasia yang belum terungkap. Salah satu misteri yang paling terkenal adalah keberadaan kepala Medusa yang tertanam di salah satu pilar.

Kepala Medusa ini diyakini memiliki kekuatan untuk mengusir roh jahat karena itulah keberadaannya tetap dipertahankan dalam bangunan ini. Kepala Medusa merupakan sosok berambut ular.

Sindonews menemukan ada dua kepala Medusa yang diletakkan sebagai pondasi pilar. Patung kepala ini terletak di bagian bawah pilar besar.

Kepala Medusa itu merupakan salah satu karya seni Bizantium yang paling terkenal. Kepala Medusa terbuat dari marmer dan memiliki ukuran sekitar 1,5 meter.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2241 seconds (0.1#10.140)