alexa snippet

5 Manfaat Kesehatan Berhubungan Seks di Musim Pancaroba

5 Manfaat Kesehatan Berhubungan Seks di Musim Pancaroba
Penelitian terbaru menunjukkan bahwa berhubungan seks dengan pasangan baik untuk kesehatan, khususnya, saat musim pancaroba seperti sekarang ini. (NPR)
A+ A-
JAKARTA - Musim hujan membuat daya tahan tubuh menurun. Untuk menguatkan sistem imun, Anda bisa melakukan beberapa aktivitas.

Salah satunya hubungan seks bersama pasangan. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa, berhubungan seks baik untuk kesehatan, khususnya saat musim pancaroba.

"Sudah ada banyak studi yang menjabarkan manfaat kesehatan dari seks. Kebanyakan dari mereka berhubungan dengan orgasme. Namun Anda tak selalu membutuhkan orang lain untuk mendapatkannya," papar terapis seks dan pendidik seksual Sandra L. Caron, PhD., profesor bidang hubungan keluarga dan seksualitas manusia di University of Maine's College of Education and Human Development, AS.

Berikut manfaat lain dari berhubungan seks seperti dilansir dari Everyday Health.

1. Meredakan sakit

Saat para ahli anastesi menunjukkan foto pasangan mereka kepada para responden dalam suatu studi, atau foto orang asing yang menarik, atau melibatkan mereka dalam permainan kata, ditemukan bahwa foto pasangan bisa membantu meredakan rasa sakit secara signifikan.

Peneliti lainnya juga menunjukkan bahwa wanita bisa mengurangi rasa nyeri akibat kram menstruasi dengan cara orgasme.

2. Menjaga kesehatan jantung

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa risiko kematian karena penyakit jantung seperti stroke atau serangan jantung menurun berkat orgasme yang meningkat. Tenaga yang dikeluarkan saat berhubungan seks pun tidak perlu dikhawatirkan karena melakukan seks secara intens sama seperti berjalan kaki sejauh 4—6 mil per jam.

3. Mencegah kanker

Penelitian menunjukkan bahwa risiko kanker prostat pada pria bisa berkurang secara drastis dengan orgasme dan stimulasi pada testis.

4. Kulit bersinar

Seks bisa membantu terlihat lebih muda. Stres yang berkurang karena seks membuat kulit menjadi bersinar, suasana hati menjadi lebih baik dan melancarkan aliran darah.

5. Suasana hati lebih baik

Hubungan seks membuat hormon dan neurotransmitter dalam tidur yang memberikan rasa senang akan aktif. Selain itu, senyawa dalam air mani bisa membantu meningkatkan suasana hati. Perasaan dekat dan terkoneksi dengan pasangan juga membuat Anda lebih bahagia.
(alv)
Top