Sejarah dan Asal-usul Nama Sibolga, Kota Terkecil di Indonesia

Jum'at, 10 November 2023 - 10:41 WIB
loading...
Sejarah dan Asal-usul Nama Sibolga, Kota Terkecil di Indonesia
Sibolga merupakan kota terkecil di Indonesia yang berada di Provinsi Sumatera Utara. Foto/Cagar Budaya Provinsi Sumatera Utara
A A A
JAKARTA - Sibolga merupakan salah satu kota yang berada di Provinsi Sumatera Utara . Kota ini dikenal sebagai kota terkecil di Indonesia karena hanya memiliki luas sekitar 10,77 km persegi.

Kota Sibolga menyimpan sejarah unik yang menarik untuk diketahui. Adapun sejarah dan asal-usul nama Sibolga sebagai berikut.

Sejarah dan Asal-usul Nama Sibolga


Dalam sejarahnya, nama Sibolga sendiri berasal dari kata “Sibolang”, yang merupakan nama salah satu anak Ompu Datu Hurinjom. Sibolang kemudian menikah dengan anak Datuk Bandar dan menjadi penguasa di Pulau Poncan Ketek.



Nama Sibolang kemudian berubah menjadi Sibolga karena pengaruh bahasa Melayu. Hingga kini nama Sibolga menjadi nama kota yang mempunyai pemerintahan sendiri dan diakui di Sumatera Utara.

Dilansir dari laman resmi pemerintahannya, sejarah Kota Sibolga dimulai dari sebuah bandar kecil di Teluk Tapian Nauli dan terletak di Pulau Poncan Ketek. Pulau kecil ini letaknya tidak jauh dari kota Sibolga yang sekarang ini.

Diperkirakan bandar tersebut berdiri sekitar abad ke-18 dan sebagai penguasa adalah Datuk Bandar. Namun pada masa kolonial Belanda, pulau tersebut dianggap tidak dapat berkembang dan mulai sepi.

Hal tersebut terjadi karena Pulau Poncan terlalu kecil sehingga tidak memungkinkan menjadi kota pelabuhan yang fungsinya bukan saja sebagai tempat bongkar muat barang, tetapi juga akan berkembang sebagai kota perdagangan.



Pada akhirnya, bandar Pulau Poncan pun mati, bahkan bekasnya pun tidak terlihat hingga saat ini. Sebaliknya, Bandar Baru, yaitu Kota Sibolga yang sekarang berkembang pesat menjadi pusat kota pelabuhan dan perdagangan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2058 seconds (0.1#10.140)