19 Kampus dengan Jurusan Arsitektur Terfavorit di Indonesia, Universitas Top Belum Tergoyahkan

Jum'at, 10 November 2023 - 14:23 WIB
loading...
19 Kampus dengan Jurusan Arsitektur Terfavorit di Indonesia, Universitas Top Belum Tergoyahkan
Kampus dengan jurusan kuliah arsitektur terbaik di Indonesia masih didominasi universitas-universitas besar seperti ITB, UI dan UGM. Foto ilustrasi/Ist
A A A
JAKARTA - Ini daftar 19 kampus dengan jurusan arsitektur favorit di Indonesia. Apakah saat ini kamu sedang bercita-cita jadi seorang arsitek atau memiliki keinginan untuk membuat sebuah bangunan mengagumkan nan estetik? Jika iya, mungkin kamu perlu untuk memperdalam ilmu di perguruan tinggi dengan jurusan arsitektur terbaik di Indonesia

Masalahnya, mencari perguruan tinggi yang memiliki jurusan arsitektur terbaik gampang-gampang susah. Gampangnya, saat ini hampur di semua perguruan tinggi terbaik di Indonesia memiliki jurusan arsitektur. Namun sulitnya, tak mudah untuk memilih jurusan arsitektur mana yang berkualitas.

Untuk menjawab semua pertanyaan tentang jurusan arstitektur, artikel kali ini akan membahas setidaknya ada 19 universitas di Indonesia dengan jurusan arsitektur favorit, apa saja? Simak penjelasan berikut:

19 Universitas dengan Jurusan Arsitektur Favorit di Indonesia


1. Institut Teknologi Bandung (ITB)


Bisa dikatakan bahwa Program Studi Arsitektur ITB menjadi salah satu sekolah arsitektur paling tua di Indonesia dan Asia Tenggara. Awalnya, Program Studi Arsitektur di ITB menjadi bagian dari Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan.

Akan tetapi, sejak tahun 2005, jurusan ini berpindah ke bawah naungan Sekolah Arsitektur, Perencanaan, dan Pengembangan Kebijakan (SAPPK). Program Studi Arsitektur ITB ini juga sudah mengantongi akreditasi internasional

2. Universitas Indonesia (UI)


UI didirikan pada tahun 1947. Perlu kamu ketahui bahwa universitas Indonesia kebanggaan negeri ini sudah menduduki peringkat ke 909 terbaik di dunia sekarang. Luar biasa bukan.

Untuk perkiraan biaya kuliah jurusan Arsitektur terbaik di UI sekitar Rp65.000.000. Tentunya sangat cocok dengan kelengkapan fasilitas yang ada serta pembimbing profesional yang dimiliki oleh Universitas Indonesia.

3. Universitas Gadjah Mada (UGM)


Bisa dibilang jurusan arsitektur menjadi salah satu jurusan unggulan di Universitas Gadjah Mada. Saat baru pertama didirikan pada tahun 1962, Jurusan Teknik Arsitektur dan Perencanaan UGM hanya menyediakan satu Program Studi untuk jenjang S1. Akan tetapi pada tahun 2009, ia telah memiliki delapan Program Studi untuk jenjang S1, S2, dan S3. Jurusan Teknik Arsitektur dan Perencanaan UGM berada di bawah naungan Fakultas Teknik.

4.Universitas Diponegoro (Undip)


Kampus ini sudah berdiri sejak tahun 1962, jurusan arsitektur Undip berada di bawah naungan Fakultas Teknik. Ada dua metode pembelajaran yang diterapkan di sini. Yaitu Problem/Project Based learning (PBL) dan Student Centered Learning (SCL).

Jurusan arsitektur Undip juga pernah beberapa kali melakukan kerja sama dengan instansi dalam dan luar negeri. Salah satunya adalah organisasi Uzo Nishiyama Memorial Library berupa kegiatan Architecture Summerschool. Untuk kamu yang ingin mencoba kuliah di luar kota, maka Undip bisa menjadi salah satu pilihan kamu.

5. Universitas Sebelas Maret (UNS)


Program Studi Arsitektur milik Universitas Sebelas Maret mulai dibuka sejak tahun 1979 dan mampu menjadi jurusan unggulan di universitas ini. Tidak heran jurusan ini mempunyai cukup banyak peminat setiap tahunnya. Jurusan arsitektur UNS juga menjadi salah satu yang terfavorit

6. Universitas Brawijaya (UB)


Bukan rahasia lagi jika Universitas Brawijaya menjadi salah satu universitas dengan jurusan arsitektur terbaik di Indonesia. Ketika pertama kali melangsungkan perkuliahan pada tahun 1983, jurusan arsitektur UB masih berstatus sebagai Program Studi yang berada di bawah naungan Jurusan Teknik Sipil. Kemudian pada tahun 1994, status tersebut berganti menjadi jurusan arsitektur yang termasuk dalam Fakultas Teknik UB.

7. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)


Jurusan arsitektur di Institut Teknologi Sepuluh Nopember berada dibawah naungan Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan. Kampus ini didirikan pada tanggal 15 September 1965 karena saat itu hanya ada satu kampus dengan jurusan arsitektur, yakni ITB.
Padahal sudah berlalu 20 tahun sejak Indonesia merdeka dan banyak tenaga arsitek yang sangat dibutuhkan untuk pembangunan negara.

8. Universitas Hasanuddin (Unhas)


Selanjutnya dari daftar 25 kampus jurusan arsitektur terbaik di Indonesia ada Universitas Hasanuddin. Siapa sangka Universitas potensial lainnya ada di sebelah timur wilayah Indonesia.

Unhas saat ini sudah mendiami rangking ke 2.558 sebagai PTN terbaik sedunia. Walaupun biaya kuliah Arsitektur tiap tahunnya bertambah, tapi secara keseluruhan biayanya sangat minim dan terjangkau. Rata-rata sekitar Rp22.000.000 saja.


9. Universitas Sumatera Utara (USU)


Universitas Sumatera Utara bisa dibilang memiliki daya tarik tersendiri karena menerapkan seleksi super ketat untuk calon mahasiswanya. Universitas negeri ini sudah didirikan sejak tahun 1952.

Saat ini USU sudah menempati rangking ke 2.975 untuk kategori universitas terbaik di dunia. Hal itulah menjadi salah satu alasan mengapa lulusan Arsitektur dari USU memiliki prospek kerja yang diperhitungkan.

10. Universitas Udayana (Unud)


Saat ini, Unud menempati rangking ke 2.858 di seluruh dunia. Biaya kuliah di Unud sekitar Rp 25 juta untuk keseluruhan. Fakultas yang menjadi markas bagi mahasiswa jurusan Arsitektur ini sudah berdiri sejak tahun 1965.

Sejak tahun itu, banyak lulusan yang bekerja di skala lokal dan nasional. Jadi apabila kamu tertarik untuk mengambil jurusan arsitektur maka tidak ada salahnya memilih Unud sebagai kampus pilihan untuk kamu menuntut ilmu.

11. Universitas Sam Ratulangi


Universitas asal Sulut ini juga cukup berprestasi akhir-akhir ini. USR didirikan tahun 1965 dan saat ini menduduki peringkat ke 4.859 di seluruh dunia. Biaya kuliahnya sekitar Rp38 juta-an untuk keseluruhan. Mungkin ini rahasia kenapa sekarang pembangunan di Sulut cukup maju. Sebab Mamikos juga percaya hanya di tangan orang-orang kreatif lah sebuah wilayah bisa maju dengan pesat.

Perguruan Tinggi Swasta dengan Jurusan Arsitektur Terbaik


1. Universitas Atma Jaya Yogyakarta


Universitas Atma Jaya Yogyakarta adalah salah satu universitas unggulan di Yogyakarta selain UGM. Jurusan Arsitektur UAJY berada di bawah naungan Fakultas Teknik, jurusan Arsitektur di kampus ini mulai berdiri sejak tahun 1981 silam. Jurusan arsitektur di UAJY juga menjadi yang terbaik di Indonesia.

2. Universitas Teknologi Yogyakarta


Program Studi Arsitektur Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY) berhasil meraih Akreditasi A yang diberikan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Surat Keputusan tersebut diterbitkan pada tanggal 6 Juni 2017 dan berlaku hingga 6 Juni 2022. Dengan predikat seperti itu, kamu bisa mempertimbangkan jurusan Arsitektur UTY ini sebagai kampus dan jurusan pilihan kamu.

3. Universitas Kristen Indonesia (UKI)


Universitas Kristen Indonesia (UKI) pernah menjadi Perguruan Tinggi Swasta (PTS) terbaik pada 2011 versi Pusat Data dan Analisa Tempo (PDAT) Tempo.

Dengan pencapaiannya sebagai PTS terbaik tersebut, maka tak heran jika peminat di universitas ini semakin meningkat tiap tahunnya. Apalagi jurusan Arsitektur UKI rupanya menjadi salah satu yang difavoritkan juga oleh para calon mahasiswa dan mahasiswi yang melamar ke kampus tersebut.

4.Universitas Pancasila


Program Studi Arsitektur di Universitas Pancasila memiliki misi mulia yakni menjadi Program Studi Arsitektur yang dapat menghasilkan sarjana Arsitektur unggul dan mampu bersaing dalam bidang perancangan arsitektur bangunan dan arsitektur kawasan yang memenuhi kebutuhan pengguna menuju persaingan global

5.Universitas Bina Nusantara


Universitas Bina Nusantara atau juga dikenal dengan nama Binus University, adalah salah satu universitas swasta yang berlokasi di Jakarta, Indonesia.

Kampus ini awalnya adalah sebuah institusi pelatihan komputer Modern Computer Course pada 21 Oktober 1974, dan berkembang dan akhirnya berubah menjadi Universitas pada 8 Agustus 1996, Universitas Bina Nusantara. Salah satu Program Studi unggulan yang juga ditawarkan oleh Binus adalah Arsitektur.

6. Universitas Gunadarma


Program pendidikan Teknik Arsitektur sebagai bagian dari Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Universitas Gundarma didirikan dengan memprioritaskan diri pada pengembangan rancang bangun yang berorientasi pada lingkungan urban dengan pendekatan pembelajaran dan alat bantu teknologi informatika.

7. Universitas Tarumanagara


Arsitektur Universitas Tarumanagara memiliki visi menjadi program yang unggul dan dikenal luas di dalam negeri maupun manca negara, aktif berkiprah di bidang akademis arsitektural dan kemanusiaan. Oleh karenanya, jika kamu memiliki minat untuk mempelajari tentang arsitektur, maka kamu bisa mempertimbangkan Universitas Tarumanagara ini.

8.Universitas Islam Indonesia (UII)


Dilansir dari laman resmi UII, Program Studi arsitektur UII memiliki sistem pendidikan menerus 4 + 1 tahun yang berstandar internasional. Dalam menjalankan program pendidikan ini, kurikulum 2013 UII mengacu ke standar Korea Architectural Accrediting Board (KAAB) dan Canberra Accord di bawah UIA-UNESCO, serta acuan pendidikan arsitektur dari Asosiasi Pendidikan Tinggi Arsitektur Indonesia (APTARI) dan Ikatan Arsitek Indonesia (IAI).
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1474 seconds (0.1#10.140)