Anak dari Orang Tua Perokok Aktif Rentan Terkena Leukemia

Sabtu, 14 Oktober 2017 - 05:15 WIB
Anak dari Orang Tua Perokok Aktif Rentan Terkena Leukemia
Anak dari Orang Tua Perokok Aktif Rentan Terkena Leukemia
A A A
JAKARTA - Kecanduan merokok ternyata tidak hanya berbahaya bagi kesehatan diri sendiri tapi orang lain. Bahkan, bagi yang memiliki keluarga, seperti anak, akan cukup membahayakan kesehatan mereka.

Spesialis patologi anatomi dari RSK Dharmais dr. Evalina Suzana mengatakan bahwa orang tua yang aktif merokok akan membuat keturunannya rentan terkena kanker. Meskipun telah berhenti merokok, kandungan bahan dalam rokok masih menempel pada bagian tubuhnya.

"Jadi merokok itu tidak hanya berbahaya bagi diri sendiri tapi lingkungan juga. Karena, walaupun sudah berhenti merokok tapi tidak membuat mereka berhenti menyebarkan penyakit. Bahkan bagi yang sudah merokok dan memiliki keturunan, bisa jadi anaknya terkena kanker," ujar spesialis patologi anatomi dari RSK Dharmais dr. Evalina Suzana di Jakarta.

Zat yang terkandung di rokok sangat berbahaya bagi kesehatan dan susah untik dihilangkan. Kanker yang biasa turun dari orang tua yang aktif merokok adalah leukemia.

"Biasanya yang terjadi kalau orang tua sudah pernah merokok bisa membuat anak terkena kanker leukemia dan itu memang sangat sering ditemui," katanya

Oleh karena itu, agar tidak terjadi sesuatu yang buruk alangkah baiknya tidak merorok di usia remaja. Selain itu, seseorang lebih baik menjauhi beberapa jenis rokok dengan pola gaya hidup sehat.

"Pokoknya jangan merokok dan terapkan pola gaya hidup sehat itu aja sih kuncinya," ucap dia.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4999 seconds (0.1#10.140)