Lemari Es Tidak Berfungsi Sempurna? Ketahui Penyebab Kulkas Tidak Dingin di Sini

Jum'at, 10 November 2023 - 17:30 WIB
loading...
Lemari Es Tidak Berfungsi Sempurna? Ketahui Penyebab Kulkas Tidak Dingin di Sini
Lemari es yang tidak berfungsi sempurna dapat menyebabkan makanan menjadi lebih cepat busuk. Foto/ MNC Media.
A A A
JAKARTA - Lemari es yang tidak berfungsi sempurna dapat menyebabkan makanan menjadi lebih cepat busuk. Untuk itu, ketahui berbagai penyebab kulkas tidak dingin berikut ini.

Kulkas merupakan salah satu perabotan rumah tangga yang paling dibutuhkan keberadaannya. Lemari es ini berfungsi untuk menyimpan makanan dan minuman supaya lebih awet dan tidak mudah busuk. Selain itu, kulkas dapat dipakai untuk membuat es batu.

Lantas, apa yang menyebabkan kulkas menjadi tidak dingin? Simak penjelasannya berikut ini serta cara mengatasinya.
5 Penyebab Kulkas Tidak Dingin dan Cara Mengatasinya

1. Thermostat Belum Diatur

Thermostat yang ada di kulkas memainkan peran penting untuk proses pendinginan yang diinginkan. Apabila thermostat kulkas belum diatur atau dalam posisi off, kulkas tidak akan bisa dingin.

Oleh karena itu, cek posisi thermostat agar tidak berada di posisi off. Anda bisa mengaturnya ke level paling tinggi supaya kulkas bisa dingin dan digunakan sebagaimana mestinya.

2. Karet Pintu Kulkas Bermasalah

Penyebab kulkas tidak dingin yang selanjutnya adalah karena karet-karet pintu kulkas yang tidak rapat lagi. Berkali-kali dalam sehari dibukanya pintu kulkas bisa menyebabkan karet pintu kulkas tidak lagi berfungsi dengan baik.

Jika karet pintu kulkas sudah tidak lagi berfungsi dengan baik, maka kulkas tidak tertutup sempurna. Jika penutupnya kurang rapat, maka udara yang di dalam kulkas akan keluar dan berinteraksi dengan udara bebas sehingga suhu dingin di dalam kulkas akan menurun menyebabkan kulkas tidak dingin lagi.

3. Kebocoran Freon
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5727 seconds (0.1#10.140)