Kebijakan Subsidi Motor Listrik Dongkrak Minat Masyarakat

Sabtu, 11 November 2023 - 11:46 WIB
loading...
Kebijakan Subsidi Motor Listrik Dongkrak Minat Masyarakat
Walau masih kecil, tapi minat masyarakat terhadap motor listrik terus mengalami pertumbuhan. Foto: Yadea Indonesia
A A A
JAKARTA - Motor listrik Yadea mencatatkan capaian menarik sepanjang Oktober 2023. Mereka mengklaim jadi motor listrik paling diburu masyarakat. Dalam keterangan resmi mereka, tercatat lebih dari 900 unit motor listrik Yadea telah lolos verifikasi SISAPIRa.

Dari 900 unit tersebut Yadea T9 menjadi model terlaris dengan kontribusi lebih dari 50 persen dari total penjualan motor listrik. Gerry Kertowidjojo, Direktur PT Indomobil Emotor Internasional mengatakan tingginya minat masyarakat terhadap motor listrik Yadea terjadi karena beberapa faktor.

Menurutnya selain spesifikasi motor listrik yang sesuai kebutuhan, masyarakat juga menginginkan layanan purna jual yang baik. “Pencapaian ini merupakan effort bersama dengan jaringan network Indomobil yang luas dan professional disertai dengan leasing Indomobil Finance yang dapat dihandalkan untuk memberikan pelayanan yang lengkap terhadap konsumen-konsumen Indomobil Yadea,” kata Gerry.

Dia mengatakan, tingginya minat juga terjadi berkat adanya kebijakan pemerintah memberikan subsidi Rp7 juta kepada motor listrik yang tingkat kandungan lokalnya mencapai 40 persen.

Dari kebijakan itu tiga motor listrik Yadea bisa dibawa pulang masyarakat dengan harga yang lebih terjangkau. Ketiganya adalah Yadea T9, Yadea E8S Pro, dan Yadea G6.

Kebijakan Subsidi Motor Listrik Dongkrak Minat Masyarakat

Yadea G6

“Program subsidi pemerintah ini sangat tepat untuk membantu masyarakat mengenal motor listrik dimana ini tentunya mendukung green initiative pemerintah Indonesia. Selain itu, motor listrik ini tentunya akan memberikan penghematan bagi pengguna dan membuat akses terhadap personal transportation lebih terjangkau, memberikan personal freedom kepada lebih banyak konsumen di Indonesia,” terang Gerry.

Sementara berdasarkan pantauan SINDONews di laman SISAPIRa, Sabtu (11/11) sudah ada 5.841 orang yang berada dalam antrian pendaftaran untuk membeli motor listrik.

Dalam daftar itu sudah 1.631 yang terverifikasi. Sementara itu, sudah ada 4.148 unit motor listrik yang telah tersalurkan. Dari 200.000 kuota subsidi Rp7 juta untuk pembelian motor listrik, saat ini hanya tersisa 191.139 unit.

Perlu diketahui, kebijakan ini hanya berlaku sampai 15 Desember 2023 ketika pemerintah tutup buku untuk tahun anggaran 2023. Capaian tersebut memang bisa dibilang rendah. Hal itu bahkan diamini Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2032 seconds (0.1#10.140)