alexa snippet

Jaden Smith

Tetap Percaya Diri Tanpa Sekolah Formal

Tetap Percaya Diri Tanpa Sekolah Formal
Jaden Smith sering kali berkicau filosofis di Twitter. Foto/IST
A+ A-
"KALAU semua orang di dunia drop out dari sekolah, kita akan punya lebih banyak komunitas intelektual”. Begitu bunyi kicauan Jaden Smith dari akun Twitter-nya @officialjaden. Karuan saja hal ini mengundang cemoohan dari banyak orang.

Ya, kakak beradik Jaden dan Willow Smith tampaknya acap kali menjadi perhatian publik lantaran pernyataan yang dilontarkan maupun gaya mereka yang dinilai unik. Keduanya memiliki pandangan yang serupa tentang bagaimana sekolah konvensional justru mengekang kreativitas anak.

Baik Jaden maupun Willow Smith bersekolah di sebuah sekolah swasta yang didirikan sendiri oleh orang tua mereka. Menariknya, sekolah ini menerapkan metode pengajaran Scientology yang diciptakan oleh Ron Hubbard, penggagas Scientology.

Dikabarkan, Will dan Jada Smith mengeluarkan uang yang tak sedikit untuk pembangunan sekolah ini. Namun, pada 2013 sekolah ini ditutup.  Sejak saat itu, mereka meneruskan pendidikan home schooling.

"Jadi begini, sekolah tidaklah autentik karena sekolah akan berakhir. Tidak nyata. Sementara belajar itu hakikatnya tidak pernah usai," katanya berfilosofi kepada Dailymail.

Meski tidak menempuh sekolah formal, toh Jaden selalu percaya diri dan menganggap dirinya lebih dibandingkan anak lain seusianya. Bahkan, ia meyakini mampu membawa perubahan di dunia. "Saya tidak berpikir diri saya serevolusioner Galileo, tapi saya juga tidak berpikir bahwa saya tidak serevolusioner Galileo," tegasnya mantap.

Terlepas dari keyakinannya tersebut, kita boleh mengacungi jempol atas kematangan emosional Jaden maupun Willow dalam menghadapi popularitasnya dan tekanan yang diterima ketika mereka di atas meski usia mereka masih amat muda.

"Tidak usah pedulikan yang orang lain pikirkan," kata Willow. "Tapi juga tidak usah ambil pusing apa yang kamu pikirkan karena sering kali hal itu membuat kamu menjadi sedih," timpal Jaden.
 
Sedikit tentang home schooling yang mereka jalani, Jaden mendeskripsikan sekolah yang mereka ikuti itu sebagai mystery school. "Pengajaran yang diberikan seperti model sekolah zaman dulu di Mesir dan Yunani. Kami diajari IPA dan matematika supaya nantinya kami bisa membangun kota dan memberikan energi dan pengetahuan kepada orang lain,” tutur Jaden.

Ia juga mengaku mengikuti kelas menjahit. Namun, sumber terdekat keluarga Smith mengabarkan bahwa Jaden tengah sibuk syuting serial drama dan albumnya daripada mengerjakan pekerjaan rumah. Jaden juga mengaku ketika tidak sedang bekerja, ia senang menulis novel dan mengembangkan teori matematika.
(amm)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top