Kulit Remaja Ini Menguning Gara-Gara Terlalu Banyak Makan Wortel

Minggu, 12 November 2023 - 17:06 WIB
loading...
Kulit Remaja Ini Menguning...
Warna kulit remaja 21 tahun berubah oranye akibat terlalu banyak makan wortel. Foto/Dailymail
A A A
JAKARTA - Viral beberapa waktu lalu kulit tubuh seorang perempuan di Beijing, China, berubah menjadi oranye akibat melakukan diet ekstrem dengan mengonsumsi wortel sebanyak 200-300 gram setiap hari.

Hal yang sama baru-baru ini rupanya kembali terjadi. Kali ini, kasus tersebut menimpa seorang remaja di Edinburgh, Skotlandia, bernama Dena Rendall. Warna kulit remaja 21 tahun itu juga berubah oranye akibat terlalu banyak makan wortel.

Dilansir dari laman Daily Mail, Minggu (12/11/2023), Rendall ternyata memiliki kebiasaan mengonsumsi 10 wortel, tiga paprika, dan satu ubi setiap hari untuk menjaga kesehatan serta meningkatkan imunitasnya. Namun, ia mulai khawatir karena banyak orang menyebut kalau warna kulitnya semakin berubah.



Sebelumnya, banyak yang mengira kalau Rendall sengaja mengubah warna kulitnya menjadi tanned. Ada juga yang mengira ia sengaja merias wajahnya dengan riasan berwarna oranye.

Rendall lantas mencari tahu penyebab mengapa warna kulit tubuhnya menjadi oranye melalui internet. Ia kemudian mendiagnosis dirinya menderita karotenemia, yakni penumpukan pigmen dalam darah yang memberi warna pada wortel.

Menyadari bahwa dirinya mulai terlihat sangat mirip dengan karakter berwajah oranye Roald Dahl di film Charlie and the Chocolate Factory, Rendall lantas mengurangi asupan wortelnya menjadi enam kali sehari.

Rendall mengaku memiliki hobi makan wortel sejak usia 12 tahun. Saat itu, ia mulai makan sekitar satu atau dua wortel per hari, kemudian perlahan semakin meningkat hingga mencapai 10 wortel per hari.

“Ketika saya mulai berdiet, saya makan wortel tetapi dalam jumlah normal, mungkin satu atau dua per hari. Kemudian pada titik tertentu saya makan sepuluh wortel setiap hari,” tutur Rendall.

Ibu Rendall bahkan sempat khawatir dan mengira putrinya menderita penyakit kuning, yakni penyakit yang berkaitan dengan masalah organ liver alias hati. Namun, sang ibu kemudian teringat pada sepupunya yang juga memiliki kebiasaan makan banyak wortel hingga membuat warna kulitnya terkadang terlihat sedikit oranye.
(tsa)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1545 seconds (0.1#10.140)