alexa snippet

Musim Hujan Tiba, Ternyata Hujan Baik untuk Kesehatan Lho..

Musim Hujan Tiba, Ternyata Hujan Baik untuk Kesehatan Lho..
Musim Hujan Tiba, Ternyata Hujan Baik untuk Kesehatan Lho..(Ilustrasi).
A+ A-
JAKARTA - Musim hujan telah tiba. Bagi sebagian orang, hujan sangat dihindari lantaran bisa mengganggu aktivitas, menyebabkan genangan air, banjir hingga memicu berbagai macam penyakit. Namun tanpa disadari, hujan juga bisa memberikan manfaat untuk kesehatan.

Lalu apa saja manfaat hujan untuk kesehatan? Berikut ulasannya seperti dilansir dari Boldsky.

1. Mengisi paru-paru dengan udara yang lebih segar
Penelitian menunjukkan bahwa saat hujan, udara lebih segar dan sehat untuk di hirup. Bahkan, sebelum hujan mulai, udara sudah menjadi segar dan bersih. Hujan juga akan menyingkirkan racun di udara bersama debu dan polutan.

2. Kelembapan udara saat hujan baik untuk kulit
Saat hujan, udara menjadi lebih lembap. Kondisi ini pun baik untuk kulit lantaran polutan dan virus yang ada di udara telah disingkirkan hujan.

3. Aroma hujan yang khas bisa menenangkan
Peneliti menilai, aroma hujan yang khas sebagai petrichor hujan. Aroma tersebut berasal dari beberapa bahan kimia yang dilepaskan bakteri tanah sesaat hijan mulai turun. Selain itu, tanaman juga akan melepaskan tertentu sehingga memunculkan aroma khas saat hujan.

4. Menghidrasi tubuh
Penelitian mengungkapkan bahwa air hujan dapat dikonsumsi. Namun, air hujan harus ditampung pada wadah yang bersih dan langsung berasal dari langit tanpa menyentuh permukaan atau lapisan udara yang terpolusi.

 
(nfl)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top