Cerita Haru Pembangunan Rumah Sakit Indonesia di Gaza

Senin, 13 November 2023 - 15:35 WIB
loading...
Cerita Haru Pembangunan Rumah Sakit Indonesia di Gaza
Cerita haru pembangunan Rumah Sakit Indonesia di Gaza terungkap di tengah konflik Palestina dan Israel. Hal ini disampaikan langsung Dr dr Siti Fadilah Supari. Foto/The Times of Israel
A A A
JAKARTA - Cerita haru pembangunan Rumah Sakit Indonesia di Gaza terungkap di tengah konflik Palestina dan Israel . Hal ini disampaikan langsung oleh mantan Menteri Kesehatan Dr dr Siti Fadilah Supari.

Dalam video pendek yang diunggah akun X @jubirpartikelir, Siti Fadilah bercerita mengenai latar belakang pembangunan Rumah Sakit Indonesia di Gaza , Palestina . Di mana dia yakini ada campur tangan Tuhan.

Rumah sakit itu diresmikan oleh Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla. Namun di balik peresmian itu, Siti Fadilah justru punya cerita yang menarik. Menurutnya, rumah sakit itu dibangun melalui proses yang panjang. Bahkan tanpa bantuan Tuhan, pembangunan rumah sakit itu tidak mungkin didirikan.

Cerita bermula saat dia menjabat sebagai Menteri Kesehatan di era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Saat itu dia banyak bertemu dan membangun jaringan kerja dengan Menteri Kesehatan dari berbagai negara di seluruh dunia.



Di situlah dia akhirnya bertemu dengan Menteri Kesehatan Palestina. "Menteri Kesehatan Palestina pernah berbisik kepada saya, kalau kita kasih tanah di Gaza, Indonesia bisa tidak bangun rumah sakit," kata Siti Fadilah dikutip Senin (13/11/2023).

Mendengar tawaran tersebut, Siti Fadilah mengaku senang. Dia benar-benar tidak menyangka Palestina justru menawarkan tanah untuk dibangun rumah sakit.

Hanya saja dia tidak terpikir siapa yang mau membangun rumah sakit di Gaza. Dia kemudian memanggil dokter sekaligus aktivis, Joserizal Jurnalis. Dia merupakan pendiri MER-C (Medical Emergency Rescue Committe).

"Saya iyain saja, dan begitu di Indonesia saya memanggil Joserizal," terang Siti Fadilah.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1330 seconds (0.1#10.140)