Ini Penyebab Miss V Gatal Saat Menstruasi

Senin, 23 Oktober 2017 - 18:50 WIB
Ini Penyebab Miss V Gatal Saat Menstruasi
Ini Penyebab Miss V Gatal Saat Menstruasi
A A A
JAKARTA - Setiap bulan wanita akan mengalami menstruasi dengan beragam keluhan. Mulai dari kram perut, mual, sakit kepala, nyeri, perut kembung, pegal-pegal hingga gangguan mood. Selain keluhan tersebut, rasa gatal juga menjadi hal yang kerap dikeluhkan banyak wanita saat menstruasi.

Tentunya kondisi ini cukup mengganggu aktivitas sehari-hari. Dilansir dari Womenshealth, asisten profesor ilmu obstetri ginekologi dan reproduksi, Suzanne Fenske, MD mengatakan, bahwa rasa gatal saat menstruasi bisa disebabkan karena darah menstruasi.

"Satu hal yang menjadi pemicu masalah ini adalah darah menstruasi yang lama keluar bisa memicu iritasi. Tentu ini tergantung kapan rasa gatal muncul saat menstruasi," papar Fenske.

Selain karena darah menstruasi, ahli dari Icahn School of Medicine di Mount Sinai ini menambahkan, rasa gatal pada Miss V saat menstruasi bisa disebabkan oleh terjadinya peradangan yang tinggi. Kondisi ini memicu rasa gatal pada area Miss V saat terjadi peradangan.

"Ini adalah respons dari histamin," jelasnya.

Kemungkinan terjadinya infeksi bakteri vaginosis dan jamur juga bisa menjadi salah satu penyebab gatalnya Miss V. Namun sayang saat menstruasi, tak semua wanita menyadari hal ini. Alergi pembalut juga bisa menjadi penyebab timbulnya rasa gatal.

"Jika Anda merasa pembalut adalah kemungkinan terbesar dari rasa gatal yang Anda rasakan, solusinya adalah menghindari pembalut tersebut. Sebaiknya segera cek ke dokter," pungkasnya.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4952 seconds (0.1#10.140)