Waspada Anak Suka Ngompol dan Loyo Bisa Jadi Gejala Diabetes

Selasa, 14 November 2023 - 11:05 WIB
loading...
Waspada Anak Suka Ngompol dan Loyo Bisa Jadi Gejala Diabetes
Gejala diabetes pada anak sangat beragam. Karena itu, para orang tua wajib mengetahui gejala penyakit ini mengingat diabetes merupakan silent killer. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Gejala diabetes pada anak sangat beragam. Karena itu, para orang tua wajib mengetahui gejala penyakit ini sebagai bentuk pencegahan mengingat diabetes merupakan silent killer atau membunuh diam-diam.

Sayangnya, tidak semua orang tua mengetahui gejala diabetes pada anak . Terlebih, penyakit ini umumnya jarang menunjukkan gejala khas, kecuali sudah dalam kondisi serius.

Project Lead Changing Diabetes in Children (CDiC) dan Direktur Eksekutif International Pediatrics Association, Asosiasi Dokter Anak Sedunia Aman Bhakti mengatakan ada beberapa gejala diabetes pada anak yang bisa diketahui.

Gejala Diabetes pada Anak





Gejala Diabetes Tipe 1 pada Anak


Aman Bhakti mengatakan bahwa setidaknya ada empat gejala diabetes tipe 1 pada anak yang jarang diketahui oleh orang tua. Ini karena termasuk aktivitas yang wajar seperti banyak minum dan sering buang air kecil.

"Semua orang tua harus paham jika anaknya mau umur berapa saja banyak minum, banyak makan, banyak kencing, berat badan turun, dan tampak loyo, gejala pertama yang harus dipikirkan adalah diabetes,” kata Aman.

“Anak besar yang tidak ngompol sekarang dia ngompol. Ini harus dipikirkan yang pertama diabetes,” tambahnya.

Gejala tersebut sangat sulit untuk diketahui oleh orang tua maupun anak lantaran bukan sesuatu yang memperlihatkan seseorang mengalami sakit tertentu. Untuk itu, penting sekali mengetahui gejala diabetes pada anak.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2266 seconds (0.1#10.140)