Pentingnya Gizi Seimbang untuk Tumbuh Kembang Anak

Senin, 23 Oktober 2017 - 21:10 WIB
Pentingnya Gizi Seimbang untuk Tumbuh Kembang Anak
Pentingnya Gizi Seimbang untuk Tumbuh Kembang Anak
A A A
JAKARTA - Makanan dan minuman dengan kandungan gizi dalam keadan alami berperan penting bagi tumbuh kembang anak. Gizi seimbang dibutuhkan tubuh dan dapat diserap dengan baik oleh sistem pencernaan.

Dokter Spesialis Gizi Klinik dr. Diana F Suganda MKes SpGK mengatakan masa pertumbuhan anak membutuhkan berbagai jenis zat gizi yang terdiri dari makronutrein dan mikronutrien.

"Makronutrien mencakup karbohidrat, protein dan lemak. Sedangkan makronutrein mencakup berbagai vitamin dan mineral di berbagai jenis pangan. Berbagai jenis zat gizi ini perlu dicerna dan diserap sengan sempurna oleh saluran pencernaan," kata dr Diana di Jakarta, Senin (23/10/2017).

Gizi yang seimbang juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh si kecil. Sebab, gizi seimbang bisa dapat terserap dengan sempurna dan mudah dicerna oleh saluran pencernaan anak.

"Karena mudah dicerna, proses penyerapan juga berlangsung dengan lebih baik sehingga seluruh zat gizi yang masuk diserap seluruhnya. Maka dari itu ada baiknya para orang tua mulai mencermati makanan dan minuman untuk si kecil dan pilihlah yang mengandung gizi dalam keadaan alami," terang dia.

Dalam kesempatan yang sama, dokter spesialis anak dr Trully Kusumardhani mengatakan sistem pencernaan yang baik berfungsi untuk membentuk sistem imunisasi yang kuat. Untuk itu, asupan sehari -hari dengan kandungan gizi yang sesuai maka makanan akan terserap dengan mudah.

"Karena zat gizi dalam keadaan alami saja akan menunjang perkembangan seorang anak. Jadi risiko anak mengalami masalah pencernaan akan jadi lebih rendah," tukasnya.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3507 seconds (0.1#10.140)