Ampuh Atasi Masalah Kulit, Ini Kandungan Nutrisi Skincare untuk Acne Fighter

Selasa, 14 November 2023 - 13:55 WIB
loading...
Ampuh Atasi Masalah Kulit, Ini Kandungan Nutrisi Skincare untuk Acne Fighter
Jerawat merupakan masalah yang umum terjadi pada kulit. Di sisi lain, banyak skincare untuk kulit berjerawat yang dijual bebas yang kerap membuat bingung. Foto/MNC Media
A A A
JAKARTA - Jerawat merupakan masalah yang umum terjadi pada kulit. Di sisi lain, banyak skincare untuk kulit berjerawat yang dijual bebas di pasaran yang kerap membuat bingung calon konsumen saat hendak membelinya.

Jerawat merupakan gangguan kesehatan kulit yang terjadi ketika folikel mengalami penyumbatan oleh minyak dan sel kulit mati. Jerawat dapat muncul di berbagai bagian tubuh, tetapi jerawat yang muncul di bagian wajah kerap menyebabkan rasa tidak nyaman dan gangguan kesehatan lainnya.

Skincare untuk kulit berjerawat bekerja dengan cara yang berbeda, tergantung pada kandungannya. Beberapa bekerja dengan membunuh bakteri penyebab jerawat. Lainnya bekerja dengan menghilangkan kelebihan minyak, mempercepat pertumbuhan sel kulit baru, dan mengangkat sel kulit mati.

Nah, dengan banyaknya pilihan produk skincare yang beredar di pasaran, penting untuk mengetahui kandungan yang aman dalam produk tersebut. Berikut adalah rekomendasi kandungan skincare untuk kulit berjerawat.

Kandungan Skincare untuk Kulit Berjerawat





1. Salicylic Acid


Salicylic Acid atau Asam Salisilat adalah asam beta hidroksi yang mampu menjaga pori-pori tetap bersih, mengatasi komedo, membantu kulit melepaskan sel-sel mati dari lapisan atas, dan juga membantu menekan produksi minyak berlebih.

Namun, perlu diketahui juga asam salisilat ini bersifat iritan. So, hentikan penggunaan apabila terjadi efek samping seperti ruam, gatal, bengkak dan kemerahan. Dosis yang aman untuk asam salisilat menurut FDA (Food and Drug Administration) berkisar 0,5 persen–2,0 persen.

2. Niacinamide


Jerawat yang meradang terkadang menyebabkan jaringan parut pada kulit saat jerawat pulih. Niacinamide bisa mengurangi peradangan yang terjadi pada jerawat dan membuat jerawat pulih tanpa muncul bekas jerawat, karena memiliki sifat anti inflamasi.

Bahkan, penggunaan niacinamide yang tepat dapat membantu Anda untuk memperbaiki tekstur kulit yang mulai rusak akibat jerawat. Niacinamide juga berfungsi untuk menurunkan kadar minyak pada kulit sehingga jerawat dapat dikendalikan dengan baik.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2601 seconds (0.1#10.140)