Dampak Gangguan Tidur yang Dialami Wanita saat Haid

Selasa, 14 November 2023 - 14:41 WIB
loading...
Dampak Gangguan Tidur yang Dialami Wanita saat Haid
Gangguan tidur saat menstruasi ternyata pernah dirasakan oleh beberapa wanita. Foto Ilustrasi/iStock
A A A
JAKARTA - Gejala yang sering kali dirasakan para wanita saat menstruasi adalah munculnya rasa nyeri atau kram pada perut. Namun, bagaimana dengan gangguan tidur, pernahkah Anda mengalaminya?

Gangguan tidur saat menstruasi ternyata pernah dirasakan oleh beberapa wanita. Kondisi tersebut tentu dapat menyebabkan masalah baru di keesokan hari.

Menurut Psikolog Klinis Anak dan Remaja Melissa Magdalena, gangguan tidur lazim dialami perempuan saat menstruasi. Hal itu terjadi lantaran ada perubahan di tubuh wanita seperti hormon, aliran darah, suasana hati, bahkan kecemasan menjelang tidur sehingga kerap membuat mereka terbangun di malam hari.

"Padahal, waktu dan kualitas tidur yang buruk dapat berdampak pada kondisi emosional, kesehatan mental, dan produktivitas wanita, khususnya remaja, yang sedang padat-padatnya," kata Melissa Magdalena dalam acara peluncuran Hers Protex Comfort Night 35 Cm di Jakarta, belum lama ini.

Rupanya, gangguan tidur saat menstruasi pernah dialami oleh artis muda Beby Tsabina. Bahkan Beby menyebutnya seperti insomnia.

“Memang kalau hari-hari pertama haid itu aku lagi ngalamin banyaknya volume menstruasi sampai kadang susah tidur, semacam insomnia. Ditambah lagi kalau malam hari kebangun, harus ganti pembalut atau malah pas bangun pagi ternyata bocor, itu udah nggak nyaman banget,“ ungkap Beby Tsabina.

Pemilihan pembalut yang nyaman menjadi salah satu tips jitu pencegahan gangguan tidur tersebut. MG/Mei Syarawati Nurhakim
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1853 seconds (0.1#10.140)