Coldplay Berasal dari Negara Mana? Jadi Grup Band Paling Sukses di Abad ke-21

Selasa, 14 November 2023 - 19:00 WIB
loading...
Coldplay Berasal dari Negara Mana? Jadi Grup Band Paling Sukses di Abad ke-21
Coldplay berasal dari negara mana? Mungkin masih banyak penggemar Coldplay yang belum tahu asal negara mereka, utamanya fans di Indonesia. Foto/ Instagram.
A A A
JAKARTA - Coldplay berasal dari negara mana? Mungkin masih banyak penggemar Coldplay yang belum tahu asal negara mereka, utamanya fans di Indonesia.

Diketahui, Coldplay akan manggung di Jakarta lewat "Music of The Spheres," tepatnya di Stadion Glora Bung Karno (GBK) pada Rabu (15/11/2023).

Nah, mengutip imdb pada Selasa (14/11/2023), Coldplay merupakan band rock asal Inggris yang dibentuk di London pada 1996.



Coldplay digawangi oleh Chris Martin sebagai dari vokalis dan pianis. Sementara, gitaris Jonny Buckland, bassis Guy Berryman, drummer Will Champion dan direktur kreatif Phil Harvey.

Pertemuan para personel ini terjadi di University College London. Kemudian mereka mulai bermain musik bersama dari 1996 hingga 1998. Awalnya, mereka menggunakan nama Pectoralz, kemudian berubah menjadi Starfish.

Setelah secara independen merilis album mini, Safety (1998), band ini menandatangani kontrak dengan Parlophone pada 1999. Album debut mereka, Parachutes (2000), menyertakan single terobosan mereka "Yellow" dan menerima Brit Award untuk British Album of the Year, Grammy Penghargaan untuk Album Musik Alternatif Terbaik dan nominasi Mercury Prize.

Album kedua mereka, A Rush of Blood to the Head (2002), memenangkan penghargaan yang sama dan menyertakan single "The Scientist" dan "Clocks", dengan yang terakhir memenangkan Grammy Award untuk Record of the Year.

Produksi album ketiga band yang bermasalah, X&Y (2005), membuat mereka menjelajahi wilayah musik baru dengan album keempat mereka, Viva la Vida atau Death and All His Friends (2008); keduanya merupakan album terlaris tahun ini di seluruh dunia pada 2005 dan 2008, masing-masing menduduki puncak tangga lagu di lebih dari 30 negara.

Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1544 seconds (0.1#10.140)
pixels