Studi: Kegemukan Tingkatkan Risiko Kanker Payudara

Rabu, 25 Oktober 2017 - 10:19 WIB
Studi: Kegemukan Tingkatkan Risiko Kanker Payudara
Studi: Kegemukan Tingkatkan Risiko Kanker Payudara
A A A
JAKARTA - Kegemukan atau obesitas bisa menyebabkan berbagai macam penyakit. Salah satunya penyakit mematikan, kanker payudara. Penelitian terbaru mengungkapkan bagaimana obesitas bisa meningkatkan risiko kanker payudara pada wanita.

Obesitas menyebabkan pelepasan sitokin ke dalam aliran darah yang menyebabkan metabolisme sel kanker menjadi lebih agresif. Penderita jumlah obesitas di seluruh dunia pun tercatat mengalami peningkatan. Pusat Penelitian Kanker Jerman (DKFZ) melaporkan, menurut WHO jumlah anak-anak dan remaja dengan obesitas meningkat 10 kali lipat rentang waktu 1975-2016.

"Enzim ACCI memainkan peran sentral dalam proses ini. ACC1 adalah komponen kunci sinstesis asam lemak. Namun, fungsinya terganggu oleh sitokinin leptin dan TGF. Tingkat sitokin ini meningkat terutama pada darah dengan berat badan berlebih," papar Dr Mauricio Berriel Diaz, wakil direktur Institut Diabetes dan Kanker (IDC) di Helmholtz Zentrum Munchen seperti dilansir dari Zeenews.

Penghambatan yang dari ACC1 menyebabkan akumulasi prekursor asam lemak asetil-CoA. Selanjutnya, prekursor ini dipindahkan ke gen tertentu yang bisa meningkatkan kapasitas sel kanker metastatik dengan mengaktifkan program tertentu. Meski demikian, peneliti ingin membutikan lebih lanjut dengan melakukan penelitian lainnya dan mempertimbangkan poin intervensi terkait yang mungkin dapat dimanfaatkan secara terapeutik.

"Menghambat jalur pensinyalan dan mematikan gen terkait metastasis bisa menjadi target terapeutik. Sebagai bagian dari apa yang disebut terapi neoadjuvant, risiko metastasis atau kambuhnya tumor dapat dikurangi sebelum operasi pengangkatan tumor," ujar rekan penelitian Diaz, Stephan Herzig, direktur IDC, profesor Kontrol Metabolik Molekuler di TUM dan Rumah Sakit Universitas Heidelberg.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7523 seconds (0.1#10.140)