Banyak Bersholawat Termasuk Tanda Bakti Anak kepada Orang Tua

Selasa, 14 November 2023 - 20:16 WIB
loading...
Banyak Bersholawat Termasuk Tanda Bakti Anak kepada Orang Tua
Seorang anak yang membaca Sholawat akan dicatat oleh Malaikat, nama ayahnya akan disebut-sebut di hadapan baginda Rasulullah SAW. Foto/SINDOnews
A A A
Banyak membaca Sholawat termasuk di antara tanda bakti anak kepada orang tuanya (Birrul Walidain). Mengapa demikian? Berikut penjelasan KH Ahmad Syahrin Thoriq, pengasuh Ponpes Subulana Bontang, Kalimantan Timur.

Seorang anak yang membaca Sholawat Nabi ﷺ akan dicatat oleh Malaikat. Nama ayahnya akan disebut-sebut di hadapan baginda Rasulullah ﷺ, sebagaimana dinyatakan dalam Hadits berikut:

أكثروا الصلاة علي، فإن الله وكل بي ملَكًا عند قبري، فإذا صلىٰ علي رجل من أمتي قال لي ذٰلك الملك: يا محمد إن فلان بن فلان صلىٰ عليك الساعة

Artinya: "Perbanyaklah oleh kalian bersholawat kepadaku, karena sungguh Allah telah memberikan perintah kepada seorang Malaikat untuk berada di kuburanku. Jika ada seseorang dari umatku telah bershalawat kepadaku maka Malaikat itu berkata kepadaku: "Wahai Muhammad, sungguh Fulan bin Fulan telah bershalawat kepadamu saat ini." (HR Al-Dailami)

Bahkan Nabi secara khusus memerintahkan umatnya banyak membaca sholawat pada Hari Jumat. "Sholawat dan doa umatku sampai kepadaku pada setiap hari Jumat, orang yang paling banyak bersholawat kepadaku di antara mereka adalah orang yang paling terdekat denganku kedudukannya." (HR Al-Baihaqi 5995)

Karena itu, jangan pernah bosan bersholawat apalagi meninggalkannya. Orang yang banyak bersholawat semasa hidupnya kelak di hari Kiamat akan mendapat Syafa'at Rasulullah ﷺ. Selamat mengamalkan.

أَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلٰى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ


(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1799 seconds (0.1#10.140)