Profil PNJ, Politeknik Terbaik di Indonesia Versi QS Asia University Rangking 2024

Kamis, 16 November 2023 - 12:14 WIB
loading...
Profil PNJ, Politeknik Terbaik di Indonesia Versi QS Asia University Rangking 2024
Politeknik Negeri Jakarta (PNJ) menjadi satu-satunya politeknik di Indonesia yang masuk ke dalam pemeringkatan di QS Asia University Rankings 2024. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini profil PNJ, politeknik terbaik di Indonesia berdasarkan QS Asia University Rankings 2024. Politeknik Negeri Jakarta (PNJ) baru saja menorehkan sejarah setelah berhasil masuk dalam daftar pemeringkatan perguruan tinggi oleh Quacquarelli Symonds (QS).

PNJ menjadi satu-satunya politeknik di Indonesia yang masuk ke dalam pemeringkatan di QS Asia University Rankings 2024. Dalam rilis QS Asia University Rankings 2024 yang dikutip Rabu, 8 November 2023, PNJ berada di peringkat 801 dari total 857 universitas dari 25 negara Asia yang masuk dalam daftar pemeringkatan.

Quacquarelli Symonds merupakan lembaga penyedia layanan dan analitik terkemuka di dunia untuk sektor pendidikan tinggi. Dilansir dari situs Vokasi Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi, pemeringkatan tersebut menunjukkan bahwa PNJ menjadi satu-satu politeknik di Indonesia yang masuk dalam daftar sekaligus menjadi politeknik terbaik di Indonesia versi QS. Artikel kali ini akan mengulas profil PNJ beserta program studinya, simak ya!

Mengenal Politeknik Negeri Jakarta (PNJ)


Politeknik Negeri Jakarta atau yang lebih dikenal dengan singkatan PNJ ini, merupakan salah satu perguruan tinggi vokasi negeri yang berkedudukan di Depok, Jawa Barat. Salah satu hal yang membuat unik Politeknik Negeri Jakarta adalah lokasinya yang terdapat di area kampus Universtas Indonesia (UI).

Politeknik Negeri Jakarta menyelenggarakan program vokasi yang bertujuan untuk mempersiapkan dan memenuhi kebutuhan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkompeten, terampil, dan profesional di bidang industri, baik di bidang industri jasa maupun bidang industri manufaktur.



PNJ telah mengaplikasikan Kurikulum Nasional (KURNAS) dalam kurikulum akademiknya. Penyelenggaraan pendidikan di lingkungan akademik Politeknik Negeri Jakarta telah didukung dengan tenaga pendidik atau dosen-dosen yang profesional dan berkompeten dengan menggunakan sistem yang mengintegrasikan ilmu dan teknologi.

Demi mencapai hasil yang maksimal, Politeknik Negeri Jakarta menggunakan komposisi 40% teori dan 60% praktik. Harapannya, dengan menerapkan komposisi tersebut Politeknik Negeri Jakarta dapat menghasilkan mahasiswa lulusan yang profesional, unggul, memiliki daya saing, dan memenuhi standar industri.

Jurusan dan Program Studi di Politeknik Negeri Jakarta


Jurusan Teknik Sipil


Program Studi D-III Konstruksi Sipil
Program Studi D-III Konstruksi Gedung
Program Studi D-IV Teknik Perancangan Jalan dan Jembatan
Program Studi D-IV Teknik Konstruksi Gedung

Jurusan Teknik Mesin

Program Studi D-III Teknik Mesin
Program Studi D-III Teknik Mesin PSDKU Kab. Demak
Program Studi D-III Teknik Konversi Energi
Program Studi D-III Alat Berat
Program Studi D-IV Manufaktur
Program Studi D-IV Manufaktur PSDKU Kab. Pekalongan
Program Studi D-IV Pembangkit Tenaga Listrik
Program Studi D-IV Teknologi Rekayasa Konversi Energi
Program Studi D-IV Teknologi Rekayasa Perawatan Alat Berat
Program Studi S2 Terapan Teknologi Manufaktur
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1308 seconds (0.1#10.140)