Auto Glowing! Begini Cara Membersihkan Wajah dari Sisa Make Up dan Kotoran

Kamis, 16 November 2023 - 16:25 WIB
loading...
Auto Glowing! Begini Cara Membersihkan Wajah dari Sisa Make Up dan Kotoran
Membersihkan wajah dari sisa makeup sering tidak diperhatikan. Padahal, penting mengetahui cara membersihkan wajah yang aman. Foto/ MNC Media.
A A A
JAKARTA - Membersihkan wajah dari sisa makeup dan kotoran sering tidak diperhatikan. Karena itu, agar tidak berdampak buruk bagi kesehatan, ketahui cara membersihkan wajah yang aman.

Sebelum membersihkan wajah, sebaiknya cuci tangan terlebih dahulu untuk memastikan tangan dalam kondisi bersih dan tidak terjadi perpindahan bakteri antar tangan dan juga wajah.

Pastikan pula semua perlengkapannya telah siap seperti tisu khusus wajah , makeup remover, spons hingga handuk. Jika masih bingung, ikuti step by step membersihkan wajah berikut ini.

Cara Membersihkan Wajah

1. Bersihkan Sisa Make Up

Membersihkan sisa make up bisa dilakukan dengan metode double cleansing. Metode ini merupakan metode perawatan kulit wajah yang dilakukan dengan membersihkan wajah melalui dua tahap, yaitu menggunakan make up remover atau pembersih wajah berbahan dasar minyak (oil-based) dan dilanjutkan dengan mencuci wajah menggunakan facial wash atau facial foam.

Cara ini diketahui dapat membantu mengangkat kotoran dan sisa-sisa kulit mati pada permukaan kulit dan pori-pori secara optimal. Adapun beberapa jenis produk make up remover yang dapat digunakan dalam metode double cleansing adalah milk cleanser, micellar water, atau cleansing balm. Selain itu, sebaiknya cuci tangan terlebih dahulu sebelum menggunakan make up remover untuk mencegah berpindahnya kuman atau bakteri dari tangan ke wajah.

2. Gunakan Pembersih Wajah Sesuai Tipe Kulit

Pilih produk pembersih wajah yang tepat dan sesuai dengan tipe kulit wajah. Misalnya, bila memiliki kulit wajah sensitif dan kering, dianjurkan untuk memilih produk pembersih wajah yang tidak mengandung alkohol dan pewangi. Di sisi lain, jika memiliki tipe kulit wajah berminyak dan mudah berjerawat, pilihlah produk yang mengandung asam salisilat.

Selain itu, hindari menggunakan sabun yang tidak dikhususkan untuk membersihkan wajah, seperti body wash, karena dapat mengganggu keseimbangan pH pada kulit wajah yang cenderung lebih sensitif.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1612 seconds (0.1#10.140)