Musim Hujan Wifi Lemot, Begini Cara Mengatasinya

Kamis, 16 November 2023 - 19:48 WIB
loading...
Musim Hujan Wifi Lemot, Begini Cara Mengatasinya
Cara Mengatasi Wifi Lemot. FOTO/ DAILY
A A A
JAKARTA - Wifi lemot kerap dijumpai di musim hujan seperti sekarang. Masalah ini tentunya sangat menjengkelkan terlebih jika terjadi dalam situasi genting yang menyangkut tugas sekolah atau pekerjaan.



Untuk diketahui, masalah ini bisa terjadi karena hujan memang dapat menyerap sebagian sinyal yang datang dari pemancar. Tetesan air pada infrastruktur wifi juga rupanya dapat menyebarkan sinyal.

Tapi jangan khawatir, wifi lemot karena hujan sebenarnya bisa diatasi dengan langkah mudah. Lantas bagaimana caranya? Berikut langkah-langkahnya, melansir dari berbagai sumber, Kamis (16/11/2023).

1. Refresh router

Langkah pertama yang bisa dilakukan untuk mengatasi wifi lemot akibat hujan adalah dengan merefresh router. Lakukan dengan cara mematikan router dengan mencabut dayanya selama beberapa menit lalu hidupkan kembali.

2. Pasang wifi di tengah rumah

Langkah kedua yang bisa dilakukan untuk memperkuat sinyal wifi rumah saat hujan adalah dengan menaruh router wifi di tengah rumah. Ini perlu dilakukan agar router mempunyai peluang terbaik untuk menjangkau setiap sudut rumah.

3. Kurangi jumlah perangkat

Jika belum berhasil juga, bisa dengan mengurangi jumlah perangkat yang digunakan. Dengan melakukannya, router akan bekerja dengan lebih ringan dan lebih cepat sehingga sinyal masalah sinyal lemot pun bisa dihindari.

4. Ganti password

Apabila tidak memungkinkan untuk membatasi jumlah perangkat yang terhubung, bisa melakukan penggantian password. Dengan melakukannya, maka orang lain tidak bisa menggunakan wifi lagi sehingga router juga bisa bekerja lebih maksimal.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3100 seconds (0.1#10.140)