Hitung-hitungan Timnas Indonesia Lolos Piala Dunia 2026 usai Dibantai Irak 5-1

Jum'at, 17 November 2023 - 15:03 WIB
loading...
Hitung-hitungan Timnas Indonesia Lolos Piala Dunia 2026 usai Dibantai Irak 5-1
Bagaimana hitung-hitungan Timnas Indonesia lolos ke Piala Dunia 2026? / Foto: PSSI
A A A
Timnas Indonesia menandai laga pembuka Grup F putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia dengan hasil yang kurang memuaskan usai dibantai Irak 1-5 di Basra International Stadium, Kamis (16/11/2023) malam WIB. Lantas, bagaimana hitung-hitungan Skuad Garuda lolos ke Piala Dunia 2026 ?

Sebenarnya masih terlalu dini untuk membahas perihal kelolosan Timnas Indonesia ke Piala Dunia 2026. Apalagi Skuad Garuda baru saja menjalani laga pertama mereka di fase Grup F.

Meski hasilnya kurang memuaskan, namun Timnas Indonesia masih berpeluang untuk lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Pada laga kedua, Pratama Arhan dkk bakal bertandang ke markas Filipina di Rizal Memorial Stadium, Selasa (21/11/2023).



Jika mengacu pada catatan Aiscore, Timnas Indonesia berpeluang mencuri poin melawan Filipina. Pasalnya, dalam pertemuan terakhir Skuad Garuda mampu menang 2-0 atas lawannya tersebut.

Secara keseluruhan, pertemuan Indonesia versus Filipina sudah berlangsung sebanyak delapan pertandingan. Anak asuh Shin Tae-yong diketahui sudah mengumpulkan empat kali menang, tiga imbang, dan sekali kalah.

Andai skenario itu berjalan sesuai rencana, maka persaingan di fase Grup F semakin sengit. Apalagi Irak bakal menghadapi Vietnam di laga kedua nanti.



Di tahun depan, Timnas Indonesia berpeluang merebut tiga kemenangan saat berstatus sebagai tuan rumah. Pertama, melawan Vietnam di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Maret 2024 mendatang.

Kedua, menghadapi Irak di stadion yang sama pada Juni 2024 mendatang. Terakhir, Indonesia bakal menantang Filipina di SUGBK.

Kesempatan bermain di depan pendukung Tanah Air harus dimanfaatkan dengan baik oleh Timnas Indonesia. Apalagi sejak dikalahkan Argentina pada laga uji coba Juni lalu, Tim Merah Putih belum pernah menelan kekalahan.

Saat berstatus sebagai tuan rumah di dua laga terakhir melawan Turkmenistan dan Brunei Darussalam, Timnas Indonesia berhasil mencetak delapan gol dan belum pernah kebobolan. Rapor ini yang harus dijaga jika ingin lolos ke putaran ketiga Piala Dunia 2026 zona Asia.

Jika kesempatan emas ini mampu dimanfaatkan Timnas Indonesia, maka Skuad Garuda bisa mengumpulkan sembilan poin. Sementara satu laga lainnya, Timnas Indonesia bakal berstatus sebagai tim tamu saat bertandang ke markas Vietnam pada 26 Maret 2024.
(yov)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0970 seconds (0.1#10.140)