Kenapa Tekanan Darah Jadi Tinggi setelah Operasi? Ini Penyebabnya

Sabtu, 18 November 2023 - 09:00 WIB
loading...
Kenapa Tekanan Darah Jadi Tinggi setelah Operasi? Ini Penyebabnya
Semua operasi mempunyai potensi risiko tertentu. Salah satunya perubahan tekanan darah. Foto/ freepik.
A A A
JAKARTA - Semua operasi mempunyai potensi risiko tertentu, meski itu merupakan prosedur rutin. Salah satu risiko tersebut adalah perubahan tekanan darah .

Orang dapat mengalami tekanan darah tinggi setelah operasi karena beberapa alasan. Apakah Anda mengalami komplikasi ini atau tidak bergantung pada jenis operasi yang Anda jalani, jenis anestesi dan obat yang diberikan dan apakah Anda pernah atau tidak memiliki masalah dengan tekanan darah sebelumnya.


Mengenal tekanan darah

Tekanan darah diukur dengan mencatat dua angka. Angka teratas adalah tekanan sistolik. Ini menggambarkan tekanan saat jantung Anda berdetak dan memompa darah. Angka terbawah adalah tekanan diastolik. Angka ini menggambarkan tekanan saat jantung Anda beristirahat di antara detaknya. Anda akan melihat angka yang ditampilkan, misalnya sebagai 120/80 mmHg (milimeter air raksa).

Menurut American College of Cardiology (ACC) dan American Heart Association (AHA), berikut adalah kisaran tekanan darah normal, tinggi, dan tinggi:

Normal: sistolik kurang dari 120 dan diastolik kurang dari 80
Peningkatan: sistolik 120 hingga 129 dan diastolik di bawah 80
Tinggi: sistolik 130 atau lebih tinggi atau diastolik 80 atau lebih

Riwayat tekanan darah tinggi

Operasi jantung dan operasi lain yang melibatkan pembuluh darah besar sering kali dikaitkan dengan risiko lonjakan tekanan darah selama operasi . Banyak orang yang menjalani prosedur semacam ini juga umum menderita tekanan darah tinggi . Jika tekanan darah Anda tidak terkontrol dengan baik sebelum menjalani operasi, ada kemungkinan Anda akan mengalami komplikasi selama atau setelah operasi.

Memiliki tekanan darah tinggi yang tidak terkontrol berarti angka-angka Anda berada dalam kisaran tinggi dan tekanan darah Anda tidak ditangani secara efektif. Hal ini mungkin terjadi karena dokter belum mendiagnosis Anda sebelum operasi, rencana perawatan Anda saat ini tidak berhasil, atau mungkin Anda belum minum obat secara teratur.

Jika tubuh Anda terbiasa dengan obat penurun tekanan darah, ada kemungkinan Anda mengalami penarikan diri karena obat tersebut tiba-tiba berhenti. Dengan pengobatan tertentu, ini berarti Anda bisa mengalami lonjakan tekanan darah secara tiba-tiba.

Penting untuk memberi tahu tim bedah Anda, jika mereka belum mengetahui, obat tekanan darah apa yang Anda pakai dan dosis apa pun yang Anda lewatkan. Seringkali beberapa obat bahkan dapat diminum pada pagi hari setelah operasi, jadi Anda tidak perlu melewatkan satu dosis pun. Sebaiknya konfirmasikan hal ini pada dokter bedah atau dokter anestesi Anda.

Tingkat nyeri
Sakit atau kesakitan dapat menyebabkan tekanan darah Anda lebih tinggi dari biasanya. Ini biasanya bersifat sementara. Tekanan darah Anda akan kembali turun setelah rasa sakitnya diobati.

Anestesi

Menjalani anestesi dapat berdampak pada tekanan darah Anda. Para ahli mencatat bahwa saluran udara bagian atas pada beberapa orang sensitif terhadap penempatan selang pernapasan. Hal ini dapat mengaktifkan detak jantung dan meningkatkan tekanan darah untuk sementara.

Pemulihan dari anestesi juga dapat berdampak lebih parah pada penderita tekanan darah tinggi. Faktor-faktor seperti suhu tubuh dan jumlah cairan intravena (IV) yang dibutuhkan selama anestesi dan pembedahan dapat meningkatkan tekanan darah.

Kadar oksigen

Salah satu kemungkinan efek samping dari pembedahan dan anestesi adalah bagian tubuh Anda mungkin tidak menerima oksigen sebanyak yang dibutuhkan. Hal ini menyebabkan berkurangnya oksigen dalam darah Anda, suatu kondisi yang disebut hipoksemia. Akibatnya, tekanan darah Anda bisa meningkat.

Obat pereda nyeri



Obat resep atau obat bebas (OTC) tertentu dapat meningkatkan tekanan darah Anda. Salah satu efek samping obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID) yang diketahui adalah sedikit peningkatan tekanan darah pada orang yang sudah memiliki tekanan darah tinggi. Jika Anda sudah menderita tekanan darah tinggi sebelum operasi, bicarakan dengan dokter Anda tentang pilihan manajemen nyeri. Dokter mungkin merekomendasikan obat yang berbeda atau meminta Anda mengganti obat, jadi Anda tidak akan meminumnya dalam jangka panjang.

Jika Anda tidak memiliki riwayat tekanan darah tinggi, lonjakan tekanan darah setelah operasi kemungkinan besar hanya bersifat sementara. Biasanya berlangsung antara satu hingga 48 jam. Dokter dan perawat akan memantau Anda dan menggunakan obat untuk mengembalikannya ke tingkat normal.

Mengontrol tekanan darah tinggi terlebih dahulu akan membantu. Cara terbaik untuk mengelola risiko terkena tekanan darah tinggi setelah operasi adalah mendiskusikan rencana dengan dokter Anda.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1259 seconds (0.1#10.140)