Eksperimen Kimia Bikin Meriah Amazing Kids Favorite Awards 2023

Jum'at, 17 November 2023 - 20:14 WIB
loading...
Eksperimen Kimia Bikin Meriah Amazing Kids Favorite Awards 2023
Amazing Kids Favorite Awards tampil meriah dengan menghadirkan berbagai musisi, juga menghadirkan eksperimen kimia yang biasa ada di sekolah. Foto/ist.
A A A
JAKARTA – Amazing Kids Favorite Awards menjadi ajang penghargaan bagi ikon favorit anak Indonesia yang digelar GTV. Selain menghadirkan berbagai musisi, hadir juga eksperimen kimia yang biasa ada di sekolah.

Eksperimen kimia ini dilakukan saat Willie Salim hadir di atas panggung dengan menggunakan pakaian seorang pemandu sirkus. Kehadirannya disambut meriah oleh anak-anak yang hadir langsung.

Willie sendiri dikenal sebagai seseorang yang kerap berbagi di media sosialnya, sehingga anak-anak sangat bersemangat. Ternyata Willie tidak datang sendiri, ia ditemani oleh Vega Darwanti sebagai profesor, Sarwendah, dan Thalia Putri Onsu.

Salah satu penonton juga ditunjuk oleh Willie untuk mengikuti eksperimen kimia tersebut bersama para profesor. Anak perempuan bernama Salsa menjadi yang beruntung untuk ikut langsung melakukan percobaan.

Percobaan pertama adalah membuat ‘Pasta Gigi Gajah’. Bahan-bahan yang digunakan adalah gelas eksperimen, hidrogen peroksida, sabun cuci piring, pewarna makanan, dan kalium iodida

Seluruh bahan tersebut dimasukkan ke gelas eksperimen satu per satu, dengan kalium iodida menjadi yang terakhir. Ketika bahann terakhir dimasukkan, terjadi reaksi kimia letupan busa yang membentuk seperti gunung meletus.

Hal ini membuat seluruh penonton terkesima karena tidak pernah melihat percobaan kimia tersebut. Sehingga membuat para penonton yang didominasi anak-anak ingin menyaksikan kembali eksperimen berikutnya.

“Sekarang kita ke eksperimen berikutnya ya. Eksperimen apa nih kak Willie,” kata Irfan Hakim selaku host Amazing Kids Favorite Awards.

Eksperimen kedua adalah membuat kepulan asap dengan mencampurkan dry ice atau biang es dan air hangat. Ketika kedua bahan dicampurkan dalam sebuah wadah seperti mangkok, maka kepulan asap terjadi.

Kemudian percobaan ketiga yang dilakukan oleh Prilly Latuconsina adalah gelembung balon dengan alat sederhana. Bahan yang dibutuhkan adalah botol bekas, kain, air, dan sabun cuci piring.

Caranya adalah botol bekas dipotong, lalu kain diikatkan ke botol yang telah dipotong, dan bagian kain dicelupkan ke air yang sudah dicampurkan dengan sabun cuci piring. Setelah itu, hanya perlu ditiup dan terciptalah gelembung-gelembung udara.

Percobaan terakhir yang dilakukan Vega Darwanti cukup unik, karena sekaligus mengumumkan pemenang kategori Serial Animasi TV Favorit. Vega mencelupkan busa ke air, dan memerasnya di atas sebuah kertas sehingga muncul pemenang kategori tersebut.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1398 seconds (0.1#10.140)