8 Bahan Alami yang Membantu Menurunkan Tekanan Darah Tinggi, dari Kemangi hingga Jahe

Sabtu, 18 November 2023 - 08:00 WIB
loading...
8 Bahan Alami yang Membantu Menurunkan Tekanan Darah Tinggi, dari Kemangi hingga Jahe
Bahan alami tertentu bisa menurunkan tekanan darah. Salah satunya jahe. Foto/ india.com
A A A
JAKARTA - Mengelola tekanan darah tinggi biasanya memerlukan kombinasi obat-obatan dan pola makan yang sehat. Namun, bahan alami tertentu bisa menurunkan tekanan darah.

Tekanan darah tinggi didefinisikan sebagai memiliki, setidaknya satu dari hal ini, seperti tekanan darah sistolik (angka atas) lebih dari 130 mm Hg atau tekanan darah diastolik (angka bawah) lebih dari 80 mm Hg.

Anda dapat mengatur tekanan darah dengan obat-obatan, seperti penghambat enzim pengubah angiotensin (ACE) dan penghambat saluran kalsium.

Banyak perubahan pola makan dan gaya hidup juga dapat menurunkan tekanan darah dan menurunkan risiko penyakit jantung.



Faktanya, penelitian menunjukkan bahwa beberapa bumbu dan rempah dapat menurunkan tingkat tekanan darah. Jadi, Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk menambahkannya ke dalam makanan.

Dilansir Healthline, berikut bahan alami yang dapat membantu menurunkan tekanan darah.

1. Kemangi

Kemangi (Ocimum basilicum) adalah ramuan beraroma yang tersedia dalam berbagai bentuk. Ini populer dalam pengobatan alternatif karena kaya akan berbagai senyawa kuat.

Kemangi mengandung eugenol yang tinggi. Penelitian telah mengaitkan antioksidan nabati ini dengan banyak manfaat kesehatan, termasuk menurunkan tekanan darah.

Studi menunjukkan bahwa eugenol dapat membantu mengurangi tekanan darah dengan bertindak sebagai penghambat saluran kalsium alami.

Penghambat saluran kalsium mencegah pergerakan kalsium ke dalam sel jantung dan arteri, sehingga pembuluh darah menjadi rileks.
Kemangi mengandung senyawa, seperti eugenol, yang dapat membantu mengurangi tekanan darah, menurut penelitian pada hewan. Namun, diperlukan lebih banyak penelitian pada manusia.

2. Peterseli

Peterseli (Petroselinum crispum) adalah ramuan populer dalam masakan Amerika, Eropa dan Timur Tengah. Ini berasal dari Mediterania dan memiliki profil nutrisi yang mengesankan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1442 seconds (0.1#10.140)