Wamenparekraf Dorong Gen Z Aktif di Sektor Ekonomi Kreatif: Kami Melihat Potensi Muda

Sabtu, 18 November 2023 - 19:01 WIB
loading...
Wamenparekraf Dorong Gen Z Aktif di Sektor Ekonomi Kreatif: Kami Melihat Potensi Muda
Wamenparekraf Angela Tanoesoedibjo mendorong generasi muda Indonesia, baik milenial atau gen-Z berperan aktif dalam mengembangan sektor ekonomi kreatif. Foto/ MPI.
A A A
JAKARTA - Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf) Angela Tanoesoedibjo mendorong generasi muda Indonesia, baik milenial maupun gen-Z untuk berperan aktif dalam mengembangan sektor ekonomi kreatif.

Hal ini disampaikan Angela Tanoesoedibjo dalam acara Cangkruk dan Ngobrol Bareng Pelaku Ekonomi Kreatif (Cobek Kreatif Surabaya) dengan tema “Inovasi Wirausaha Ekonomi Kreatif Melalui Transformasi Digital” di Universitas Airlangga, Surabaya.

Wamenparekraf menilai generasi muda harus menjadi penggerak utama dalam pembangunan Indonesia, khususnya di sektor ekonomi kreatif.

Mengingat data bahwa Indonesia telah memasuki era bonus demografi, di mana penduduk usia produktif (15-64 tahun) lebih besar jumlahnya dibanding usia nonproduktif (65 tahun ke atas) dengan proporsi lebih dari 60% dari total jumlah penduduk Indonesia.

“Jadi kawan-kawan sekalian kita semua yang ada di ruangan ini memiliki peran yang sangat penting, karena kita masuk kelompok terbesar di Indonesia, gen Z dan millennial. Kita punya peran penting untuk menjadi penggerak utama dalam pembangunan negara ini dengan terus berkarya. Salah satunya melalui sektor ekonomi kreatif,” kata Wamenparekraf Angela dikutip dari siaran pers Kemenparekraf, Sabtu (18/11/2023).

Cobek Kreatif yang diselenggarakan di Surabaya ini diharapkan bisa menginspirasi mahasiswa yang datang dari berbagai daerah, agar bisa lebih produktif dan berkarya di bidang ekonomi kreatif.

Selain ada empat narasumber konten kreatif Surabaya, dalam rangkaian acaranya Cobek Kreatif juga mengadakan suatu kompetisi usaha.

Menariknya sebagian dari mahasiswa ini bahkan telah punya usaha yang disebutkan oleh Wamenparekraf, membuat Kemenparekraf makin semangat.

“Tadi ada empat presentasi dari berbagai mahasiswa, luar biasa sekali mereka sudah bisa memahami bagaimana membuat business plan yang baik, problem solvingnya juga ada, paham dengan marketingnya. Dan bahkan sebenarnya sebagian dari mereka sudah berjualan, ini merupakan semangat buat kita dari Kemenparekraf melihat potensi-potensi generasi muda yang sangat produktif khususnya di bidang ekonomi kreatif,” tutur Wamenparekraf.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1141 seconds (0.1#10.140)