Ini Asal-usul Nama MNC, Dibocorkan Hary Tanoesoedibjo di HUT ke-34 MNC Group

Minggu, 19 November 2023 - 04:09 WIB
loading...
Ini Asal-usul Nama MNC, Dibocorkan Hary Tanoesoedibjo di HUT ke-34 MNC Group
Hary Tanoesoedibjo mengungkap asal-usul nama MNC. Hal itu diungkap di momen HUT ke-34 MNC Group. Foto/ MPI.
A A A
JAKARTA - Executive Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo mengungkap asal-usul nama MNC. Hal itu dia ungkap saat menggelar acara syukuran HUT ke-34 MNC Group di Studio RCTI+, Kebon Jeruk, Jakarta, Sabtu (18/11/2023) malam.

“MNC Group berkembang dan nama MNC itu didirikan mulai dipakai tahun 2001. Jadi ketika sudah berkembang beberapa perusahaan dan menjadi group perlu satu identitas, kemudian dipakai lah nama MNC,” ujar Hary Tanoesoedibjo.

Hary menceritakan alasannya memutuskan untuk menggunakan nama MNC sejak pertama kali didirikan di Surabaya, Jawa Timur pada 2 November 1989. Hal itu lantaran Hary Tanoesoedibjo sendiri merupakan lulusan Master of Business Administration (MBA).

“Kenapa MNC? Kalau kita belajar di luar negeri, kebetulan saya lulusan MBA, MNC itu artinya Multi National Corporation. Jadi sesuai kepentingan, maka pakailah nama MNC,” ungkapnya.

Hary juga bercerita awal-awal berdirinya MNC Group, yakni mendirikan media televisi RCTI. Meski masih memiliki kantor yang kecil, namun, media di MNC Group semakin berkembang.

“Dari situ mulai dikembangkan ke media, media pertama ya RCTI. RCTI itu adalah TV utama MNC Group. Waktu itu kantornya masih kecil di sini. Kantor saya di sebelah gedung MNC Pictures. Itu gedung pertama saya sampai tahun 2008 - 2009,” tuturnya.

Hary mengungkap, di awal berdirinya, MNC Group hanya memiliki satu perusahaan, lalu makin berkembang di 1990-an.

“Jadi, persis setelah saya lulus dari MBA pulang ke Indonesia, saat itu saya sudah menikah, terus langsung mendirikan MNC Group. Waktu itu baru satu perusahaan. Tepatnya pada tanggal 2 November 1989,” ujar Hary.

MNC Group kemudian mulai merambah bisnis ke berbagai lini. Mulai dari bank, asuransi, hingga bisnis energi batu-bara.

“Supaya teman-teman tahu, kemudian tahun 2012 - 2013 mulai membangun ada bank ada asuransi dan lain-lain. Kurang lebih dalam kurun waktu yang sama masuk dalam energi batu bara,” paparnya.

Bahkan, saat Covid-19 melanda, perusahaan ini mampu bertahan dengan menciptakan berbagai inovasi aplikasi digital.

“Kemudian berkembang dan pada waktu 2020, kita tahu kita masuk ke Covid-19, banyak yang terpuruk karena Covid, beberapa bisnis grup juga terpuruk,” ungkapnya.

“Tapi sekali lagi saya katakan, bahwa semua tergantung cara kita memandang. Itulah sebabnya banyak aplikasi-aplikasi digital yang dibangun oleh MNC Group, dan sekarang menjadi tumpuan dan kekuatan baru di grup. Contoh, RCTI+ begitu berkembang pesat saat pandemi,” tutur Hary lagi.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2019 seconds (0.1#10.140)