Ganjar-Mahfud Akan Buka Layanan Kesehatan Mental 24 Jam

Senin, 20 November 2023 - 09:50 WIB
loading...
Ganjar-Mahfud Akan Buka Layanan Kesehatan Mental 24 Jam
Juru Bicara TPN Ganjar Pranowo dan Mahfud MD mengumumkan membuka layanan kesehatan mental 24 jam apabila pasangan ini berhasil keluar sebagai pemenang. Foto/Arif Julianto
A A A
JAKARTA - Dalam langkah progresif menuju kesejahteraan masyarakat, Juru Bicara Tim Pemenangan Nasional (TPN) pasangan Ganjar Pranowo dan Mahfud MD Sunanto (Cak Nanto) mengumumkan komitmen mereka untuk membuka layanan kesehatan mental 24 jam apabila pasangan ini berhasil keluar sebagai pemenang dalam Pemilihan Presiden 2024.

Cak Nanto mengatakan bahwa layanan tersebut akan mencakup penyediaan nomor darurat 24 jam setiap hari, memberikan akses kepada masyarakat untuk berkonsultasi mengenai masalah kesehatan mental yang mereka hadapi.

Langkah ini diharapkan dapat memberikan solusi yang responsif dan holistik terhadap tantangan kesehatan mental yang dihadapi oleh banyak individu.

"Ada penyediaan nomor darurat 24 jam dalam 7 hari, membangun komunikasi krisis untuk menangani masalah kesehatan mental secara holistik," kata Cak Nanto pada Kamis, 26 Oktober 2023.



Selain nomor darurat, Ganjar-Mahfud juga berencana membentuk lembaga komunikasi krisis yang akan merespons masalah kesehatan mental secara responsif dan holistik. Rencananya, akan ada pos-pos konseling di setiap kampus, layanan kesehatan jiwa di semua puskesmas, dan fasilitas layanan jiwa di seluruh rumah sakit umum.

"Kehadiran para psikolog dan lembaga konseling menjadi sangat penting, pemerintah hadir untuk mengatasi masalah ini," jelasnya.

Cak Nanto menyoroti besarnya dampak depresi terutama pada generasi muda dan mengakui bahwa banyak masyarakat Indonesia mengalami masalah ini. Menurutnya, pasangan Ganjar-Mahfud berkomitmen untuk menyelesaikan permasalahan ini demi kesehatan jiwa dan raga rakyat.

"Dalam pandangan kami, masalah depresi ini bisa berakibat fatal dan berujung pada mengakhiri hidup. Oleh karena itu, Ganjar-Mahfud MD sangat konsen terhadap masalah ini sehingga akan membuat layanan nomor darurat 24 jam dan lembaga krisis center," ungkapnya.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1430 seconds (0.1#10.140)