Tingkatkan Kunjungan Wisatawan, Sandiaga Uno Minta Putri Berperan Aktif

Selasa, 21 November 2023 - 15:30 WIB
loading...
Tingkatkan Kunjungan Wisatawan, Sandiaga Uno Minta Putri Berperan Aktif
Sandiaga Uno mengajak Perhimpunan Usaha Taman Rekreasi Indonesia (Putri) untuk berperan aktif mengembangkan potensi pariwisata yang ada di desa-desa wisata. Foto/ Instagram.
A A A
JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mengajak Perhimpunan Usaha Taman Rekreasi Indonesia atau Putri untuk berperan aktif mengembangkan potensi pariwisata yang ada di desa-desa wisata. Tujuannya sebagai daya tarik untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke desa-desa wisata di Indonesia.

Pengembangan potensi wisata ini, terutama yang berbasis masyarakat yang berpotensi besar untuk dikembangkan, yang telah mendapat pengakuan dunia.

Desa wisata Kutuh di Kuta Selatan, Kabupaten Badung merupakan salah satu desa wisata paling maju di Bali. Keberadaan Pantai Pandawa ditambah sejumlah atraksi wisata, membuat Desa Kutuh mampu menghasilkan Rp50 miliar per tahun dari sektor pariwisata.

Selain Desa Kutuh, sejumlah desa di Bali juga terus berbenah menggarap berbagai potensi yang ada untuk bisa menjadi daya tarik wisatawan.

Sandiaga mengatakan desa-desa wisata, terutama yang berbasis masyarakat dan adat istiadat, memiliki kekuatan tersendiri dan akan menjadi daya tarik unggulan pariwisata.

Menparekraf mengajak Putri untuk berkolaborasi mengembangkan potensi desa wisata di Tanah Air. Putri sebagai salah satu komponen pariwisata diajak turut mendorong desa-desa wisata agar tetap menjaga budaya, lingkungan dan adat-istiadat setempat dengan senantiasa mengedepankan aspek keamanan dan kenyamanan.

Selain menyaksikan pelantikan pengurus DPD Putri Vali oleh Ketua DPP Putri Hans Manansang, Sandiaga juga meluncurkan Putri Magazine dan membuka rangkaian Rakernas DPP Putri di Bali.

Rangkaian Rakernas DPP Putri di Bali bukan hanya sekadar ajang pertemuan, tapi panggung kolaborasi produktif antara pemerintah, industri dan masyarakat dalam mendorong kemajuan pariwisata di Tanah Air.

Momen ini sekaligus menjadi sarana meletakkan pilar kuat dalam memperkokoh organisasi, meningkatkan koordinasi, sekaligus memberikan dampak positif bagi perkembangan sektor pariwisata.

Dalam konteks ini, para pelaku usaha pariwisata berupaya mengedepankan implementasi aspek chse atau clean, health, safety and environment, guna menjamin keselamatan, keamanan dan kenyaman saat berkunjung ke destinasi wisata.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1368 seconds (0.1#10.140)