Co-Branding Wonderful Indonesia, Kemenpar Gandeng Selebritas Tanah Air

Rabu, 15 November 2017 - 01:29 WIB
Co-Branding Wonderful Indonesia, Kemenpar Gandeng Selebritas Tanah Air
Co-Branding Wonderful Indonesia, Kemenpar Gandeng Selebritas Tanah Air
A A A
JAKARTA - Kementerian Pariwisata (Kemenpar) terus berusaha meningkatkan jumlah wisatawan yang mengunjungi Indonesia. Salah satunya adalah dengan melakukan co-branding Wonderful Indonesia.

Untuk usaha ini, Kemenpar menggandeng sejumlah selebritas Tanah Air. Mereka yang terlibat dalam usaha ini adalah para artis yang memiliki usaha kuliner yang tersebar di banyak kawasan di Indonesia.

Pelaksanaan Co-Branding Wonderful Indonesia ini sebagai kelanjutan dari program co-branding partnership Wonderful Indonesia Co-branding Forum (WICF) yang telah menggandeng brand kenamaan Indonesia di dalam dan luar negeri pada saat peluncuran WICF pada Agustus 2017 yang lalu.

Apa yang dilakukan untuk meningkatkan brand equity dari brand WI di pasar global dan brand Pesona Indonesia (PI) di pasar domestik dalam menopang terwujudnya sektor pariwisata sebagai core economy Indonesia.

"Co-branding WI dengan artis entrepreneur sebagai endorser akan sama-sama mengembangkan kerjasama promosi melalui media jaringan yang dimiliki oleh para endorser (infotainment) maupun media jaringan Kemenpar dalam rangka mensukseskan target kunjungan 20 juta wisatawan mancanegara (wisman) dan pergerakan 275 juta wisatawan nusantara (wisnus) di Tanah Air pada 2019 mendatang," ujar Menteri Pariwisata Arief Yahya di Jakarta, Selasa (14/11/2017).

Tidak hanya itu, Arief memberikan apresiasi kerjasama co-branding WI dengan artis entrepreneur yang dilandasi semangat Indonesia Incorporated. Arief mengakui branding pariwisata Indonesia tidak bisa dilakukan secara sendirian oleh Kemenpar.

"Untuk mewujudkan brand WI di pasar global dan brand PI di pasar domesik dibutuhkan kebersamaan dan sinergi seluruh elemen bangsa dalam kerangka Indonesia Incorporated. Dengan kolaborasi dan bekerja bersama-sama kita akan bigger-broader-better together memanfaatkan momentum meroketnya kinerja brand WI/PI yang terlihat dari brand equity yang kini sudah sangat kokoh sebagai hasil pengembangan (building brand) selama 2,5 tahun terakhir. Brand WI/PI kini kian melejit di tengah menurunnya kinerja brand-brand pesaing regional,” papar dia.

Langkah tersebut sebagai penetrasi pasar dan memperluas exposure brand WI/PI dengan memanfaatkan market network yang dimiliki oleh brand/perusahaan di pasar domestik maupun global sekaligus melakukan sharing resources antara kedua brand yang ber-cobranding sehingga menghasilkan penghematan biaya promosi yang substansial karena dengan berpartner maka biaya promosi akan ditanggung secara bersama.

Para selebritas tanah air yang membuka usaha kuliner berupa cake dan kue atau roti yang diajak untuk program ini lumayan banyak. Mereka adalah Minang Mande Cake milik artis Rossa, Brand Banana Foster Cake milik artis Hengky Kurniawan, Semarang Wingkorolls (Dewi Sandra), Rain Cake (Shireen Sungkar), Cinnamon (Dhini Aminarti dan Dimas Seto), Scrummy (Dude Herlino), Premio (Baim Wong), Bandung Kunafe (Irfan Hakim dan Omesh), Surabaya Patata (Ria Ricis dan Oki Setiana Dewi), Reallycake (Prilly Latuconsina), Pekanbaru Cassata (Denny Cagur), Savvanacake (Fitri Carlina), Lenso Manado (Gracia Indri), Cirebon Sultana (Indra Bekti), Palembang Lamonde (Irwansyah), Gigieatcake (Raffi Ahmad dan Gigi) dan Cirebon Kelana (Andika Pratama/Ussy S).

Selain bidang usaha kuliner, Kemenpar juga menggandeng selebritas yang terjun di bidang fashion. Mereka antara lain adalah brand Mandjha.ivangunawan (Ivan Gunawan) dan Urban Lips (Cathy Sharon)

Tahun 2013 country branding Wonderful Indonesia belum banyak memperoleh perhatian masyarakat dunia, ketika tahun 2015 mulai dipromosikan secara masif ke seluruh dunia brand WI menjadi semakin dikenal. Tahun lalu, menurut referensi World Economic Forum (WEF), berada di peringkat 47 dunia atau mengalahkan brand Truly Asia Malaysia berada di peringkat 96 dan brand Amazing Thailand di peringkat 83 dunia.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.9155 seconds (0.1#10.140)