Polisi Resmi Tutup Kasus Anak Pamen TNI AU Tewas di Lanud Halim, Tidak Ditemukan Unsur Pidana

Kamis, 23 November 2023 - 17:27 WIB
loading...
Polisi Resmi Tutup Kasus Anak Pamen TNI AU Tewas di Lanud Halim, Tidak Ditemukan Unsur Pidana
Polres Metro Jakarta Timur resmi menutup penyelidikan kasus tewasnya anak pamen TNI AU, CHR (16) di Pos Spion Ujung Landasan 24 Lanud Halim Perdanakusuma. Foto: MPI/Muhammad Farhan
A A A
JAKARTA - Polres Metro Jakarta Timur resmi menutup penyelidikan kasus tewasnya anak perwira menengah (pamen) TNI AU , CHR (16). Korban CHR sebelumnya ditemukan tewas di Pos Spion Ujung Landasan 24 Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, pada Minggu (24/9/2023).

Polisi memutuskan menutup penyelidikan kasus tersebut dikarenakan tidak ditemukan unsur pidana dari hasil pemeriksaan saksi maupun visum dari pusat laboratorium forensik (Puslabfor) RS Polri.

Kapolres Metro Jakarta Timur Kombes Pol Leonardus Simarmata mengungkapkan, jajarannya telah memeriksa 24 orang saksi untuk menyelidiki kasus ini.



Tim Asosiasi Psikologi Forensik Indonesia juga sudah memeriksa 32 orang. Dan berdasarkan hasil visum, tidak ada DNA apapun di lokasi maupun di jasad korban, selain milik korban.

"Jadi berdasarkan gelar perkara terhadap laporan Polisi Nomor LP 31/XI/2023 SPKT Polsek Makassar Polres Metro Jakarta Timur PMJ tanggal 24 September 2023, tidak ditemukan adanya peristiwa pidana," kata Leonardus saat jumpa pers, Kamis (23/11/2023).

Leo menuturkan, tidak ada bukti maupun bercak darah yang ditemukan di sekitar lokasi penemuan jasad CHR. Bahkan, dari ponsel milik korban tidak ditemukan sesuatu hal yang ganjil.

"Ditemukan bahwa korban sulit menyalurkan emosi negatif atau frustasi dan kemarahan secara adaptif, sehingga berdampak pada psikologis korban," jelas Leo.

Meski demikian, Leo tidak memberikan jawaban tegas apakah korban bunuh diri. Dia hanya menuturkan Polres Metro Jakarta Timur mengedepankan empati terhadap keluarga korban dan tugas penyidik bukan hanya mengutarakan fakta yang ada.

"Kami tidak ingin seseorang yang sudah menjadi korban, kemudian jadi korban lagi untuk yang kedua kalinya," tutur Leo.

Diketahui, CHR ditemukan tewas dengan kondisi terbakar pada Minggu, 24 September 2023 malam. Di tubuh korban juga ditemukan enam luka tusuk.
(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1879 seconds (0.1#10.140)