EXO dan BTS Punya Jenis Musik Paling Mendunia Saat Ini

Selasa, 21 November 2017 - 18:46 WIB
EXO dan BTS Punya Jenis Musik Paling Mendunia Saat Ini
EXO dan BTS Punya Jenis Musik Paling Mendunia Saat Ini
A A A
JAKARTA - Musik K-Pop secara perlahan tapi pasti mulai diterima di dunia internasional. Dua nama punggawanya, yaitu EXOdan BTS, sudah dikenal di berbagai penjuru dunia ini.

Sebuah survei yang dilakukan platform musik streaming, Spotify, bahkan menahbiskan keduanya sebagai grup dengan jenis musik paling mendunia. Wow!

Sejak peluncurannya pada 2015 lalu, lebih dari 6,6 miliar lagu K-Pop telah diputar secara mendunia melalui layanan streaming musik Spotify dimana pengguna menghabiskan lebih dari 14,4 miliar menit untuk mendengarkan lagu Korea. Dari data tersebut, BTS, EXO, dan Blackpink merupakan 3 musisi teratas dengan pendengar terbanyak di Indonesia.

"BTS telah mencoba membuktikannya sejak debutnya di tahun 2013, dan platform musik internasional seperti Spotify telah membantu band ini memperluas jangkauan mereka untuk dapat bertemu dengan audiens baru di luar Korea dan genre K-Pop," ujar Director of Communications Elly Chae dalam keterangan resmi yang diterima SINDONews.

Dengan adanya musik Korea di layanannya, selaras dengan meningkatnya pengguna Spotify di Indonesia. Apalagi, musik Kpop memang disukai oleh penikmat musik.

"Kami berharap Spotify dapat terus memainkan peranan penting dalam membantu musisi K-Pop untuk masuk ke pasar mainstream Amerika Serikat dan negara lainnya di tahun-tahun mendatang," kata dia.

Spotify memiliki layanan yang bernama Hub K-Pop Spotify dan Hub K-Pop. Layanan ini mencakup segala hal mulai dari lagu K-Pop hingga Original Soundtrack (OST) Korea terbaru. Awalnya layanan ini diperkenalkan di Asia (Filipina, Indonesia, Malaysia, Singapura, Taiwan, dan Hong Kong) berdasarkan popularitas genre tersebut di wilayah Asia.

Peluncuran tersebut kian mendorong jumlah stream dan share musik Korea, termasuk hit singles seperti Puss oleh AOA Jimin, It G Ma oleh Keith Ape, Hello Bitches oleh CL, dan I oleh Taeyeon.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6554 seconds (0.1#10.140)