10 Ayat Al-Qur'an tentang Bersyukur Beserta Keutamaannya

Jum'at, 24 November 2023 - 17:32 WIB
loading...
10 Ayat Al-Quran tentang Bersyukur Beserta Keutamaannya
Ayat tentang bersyukur merupakan perintah Allah yang wajib dilaksanakan oleh setiap manusia. Foto/ist
A A A
Ayat Al-Qur'an tentang bersyukur sangat banyak dan menjadi kewajiban bagi setiap manusia. Mereka yang pandai bersyukur akan mendapat ganjaran pahala dan limpahan nikmat dari Allah.

Syukur menunjukkan adanya nikmat Allah pada hamba-Nya. Bersyukur bisa dilakukan melalui lisan, yaitu berupa pujian kepada Allah dan mengucapkan kesadaran diri bahwa ia telah diberi nikmat. Melalui hati, berupa persaksian dan kecintaan kepada Allah. Melalui anggota badan, berupa kepatuhan dan ketaatan kepada Allah.

Allah memerintahkan hamba-Nya untuk bersyukur atas segala nikmat yang telah dianugerahkan-Nya dengan jalan melaksanakan segala perintah-Nya dan menjauhi segala larangan-Nya. Al-Qur'an juga memperingatkan manusia agar tidak kufur nikmat.

Bersyukur Adalah Sifatnya Para Nabi
Dalam Hadis yang masyhur dikisahkan bahwa Sayyidah Aisyah radhiyallahu 'anha pernah bertanya kepada Rasulullah ﷺ yang ketika sholat berdiri sangat lama hingga kaki beliau mengeras kulitnya. Aisyah bertanya: "Wahai Rasulullah, mengapa engkau sampai demikian? Bukankan dosa-dosamu telah diampuni, baik yang telah lalu maupun yang akan datang? Rasulullah ﷺ besabda: "Wahai Aisyah, bukankah semestinya aku menjadi hamba yang bersyukur?" (HR Bukhari 1130, Muslim 2820)

Nabi Muhammad ﷺ yang dosanya diampuni Allah masih tetap bersyukur dengan melaksanakan ibadah hingga kaki beliau bengkak. Mestinya kita yang tak luput dari banyak dosa bisa mencontoh dan meneladani beliau. Begitu juga dengan Nabi Ibrahim 'alaihissalam mewujudkan rasa syukurnya kepada Allah dengan lisan dan seluruh anggota tubuhnya. Beliau rela berkorban mengikhlaskan anak kesayangannya Ismail untuk disembelih.

Keutamaan Bersyukur
Keutamaan bersyukur selain diganjar dengan pahala yang banyak, Allah juga akan menambahkan nikmat-Nya. Sufyan bin Uyainah berkata: "Siapa yang melakukan salat lima waktu berarti ia bersyukur kepada Allah, dan orang yang berdoa untuk kedua orang tuanya setiap usai salat, ia telah bersyukur kepada keduanya."

Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu, ia berkata bahwa Rasulullah ﷺ bersabda: "Orang yang menyantap makanan dengan rasa syukur, maka dia diberi pahala seperti orang yang berpuasa menjaga dirinya. Orang yang sehat yang mensyukuri kesehatannya, maka dia diberi pahala, orang yang menanggung penderitaan (jasmani)-nya dengan sabar. Dan orang yang memberikan dengan rasa syukur, maka dia mendapat pahala yang sama dengan orang yang menanggung kerugian dari menjaga diri."

10 Ayat Al-Qur'an tentang Bersyukur
Berikut 10 Ayat Al-Qur'an tentang bersyukur yang patut diketahui umat muslim.

1. Surat Al-Baqarah Ayat 152
Salah satu ayat tentang bersyukur yang cukup populer diabadikan dalam Surat Al-Baqarah Ayat 152 sebagaimana firman Allah berikut:

فَاذۡكُرُوۡنِىۡٓ اَذۡكُرۡكُمۡ وَاشۡکُرُوۡا لِىۡ وَلَا تَكۡفُرُوۡنِ

Artinya: Maka ingatlah kepada-Ku, Aku pun akan ingat kepadamu. Bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu ingkar kepada-Ku." (QS. Al-Baqarah Ayat 152)

2. Surat Al-Baqarah Ayat 172
Berikutnya ada ayat yang memerintahkan kaum mukmin agar mensyukuri makanan dan rezeki yang diberikan Allah. Berikut firman-Nya:

يٰٓاَ يُّهَا الَّذِيۡنَ اٰمَنُوۡا کُلُوۡا مِنۡ طَيِّبٰتِ مَا رَزَقۡنٰكُمۡ وَاشۡكُرُوۡا لِلّٰهِ اِنۡ کُنۡتُمۡ اِيَّاهُ تَعۡبُدُوۡنَ

Artinya: "Wahai orang-orang yang beriman! Makanlah dari rezeki yang baik yang Kami berikan kepada kamu dan bersyukurlah kepada Allah, jika kamu hanya menyembah kepada-Nya." (QS Al-Baqarah Ayat 172)

3. Surat Ibrahim Ayat 7
Allah kembali mengingatkan hamba-Nya untuk senantiasa bersyukur atas segala nikmat yang telah dilimpahkan-Nya.

وَاِذۡ تَاَذَّنَ رَبُّكُمۡ لَٮِٕنۡ شَكَرۡتُمۡ لَاَزِيۡدَنَّـكُمۡ‌ وَلَٮِٕنۡ كَفَرۡتُمۡ اِنَّ عَذَابِىۡ لَشَدِيۡدٌ‏

Artinya: "Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu memaklumkan, "Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka pasti azab-Ku sangat berat." (QS Ibrahim Ayat 7)

4. Surat An-Nahl Ayat 114
Allah menyuruh kaum Muslimin untuk memakan makanan halal dan baik dari rezeki yang diberikan Allah, baik makanan yang berasal dari hewan maupun tanaman.

فَكُلُوۡا مِمَّا رَزَقَكُمُ اللّٰهُ حَلٰلًا طَيِّبًاۖ وَّاشۡكُرُوۡا نِعۡمَتَ اللّٰهِ اِنۡ كُنۡـتُمۡ اِيَّاهُ تَعۡبُدُوۡنَ

Artinya: "Maka makanlah yang halal lagi baik dari rezeki yang telah diberikan Allah kepadamu; dan syukurilah nikmat Allah, jika kamu hanya menyembah kepada-Nya." (QS An-Nahl Ayat 114)

5. Surat Al-Qashas Ayat 73
Pergantian siang dan malam yang bermanfaat bagi kehidupan manusia hendaknya disyukuri sebagai karunia dari Allah.

وَمِنۡ رَّحۡمَتِهٖ جَعَلَ لَـكُمُ الَّيۡلَ وَالنَّهَارَ لِتَسۡكُنُوۡا فِيۡهِ وَلِتَبۡتَغُوۡا مِنۡ فَضۡلِهٖ وَلَعَلَّكُمۡ تَشۡكُرُوۡنَ

Artinya: "Dan adalah karena rahmat-Nya, Dia jadikan untukmu malam dan siang, agar kamu beristirahat pada malam hari dan agar kamu mencari sebagian karunia-Nya (pada siang hari) dan agar kamu bersyukur kepada-Nya." (QS Al-Qashas Ayat 73)

6. Surat Luqman Ayat 12
Allah menerangkan bahwa orang yang bersyukur kepada Allah, berarti ia bersyukur untuk kepentingan dirinya sendiri. Allah akan menganugerahkan kepadanya pahala yang banyak karena syukurnya itu.

وَلَقَدۡ اٰتَيۡنَا لُقۡمٰنَ الۡحِكۡمَةَ اَنِ اشۡكُرۡ لِلّٰهِ‌ؕ وَمَنۡ يَّشۡكُرۡ فَاِنَّمَا يَشۡكُرُ لِنَفۡسِهٖ‌ۚ وَمَنۡ كَفَرَ فَاِنَّ اللّٰهَ غَنِىٌّ حَمِيۡدٌ‏

Artinya: "Dan sungguh, telah Kami berikan hikmah kepada Lukman, yaitu, "Bersyukurlah kepada Allah! Dan barangsiapa bersyukur (kepada Allah), maka sesungguhnya dia bersyukur untuk dirinya sendiri; dan barangsiapa tidak bersyukur (kufur), maka sesungguhnya Allah Mahakaya, Maha Terpuji." (Luqman Ayat 12)
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2022 seconds (0.1#10.140)