5 Fakta Kerusuhan Dublin, Salah Satunya Dipicu Serangan di Sekolah

Sabtu, 25 November 2023 - 03:03 WIB
loading...
5 Fakta Kerusuhan Dublin, Salah Satunya Dipicu Serangan di Sekolah
Kerusuhan Dublin, Irlandia, dipicu serangan kepada anak-anak di sekolah. Foto/Reuters
A A A
DUBLIN - Para pengunjuk rasa di Dublin berkelahi dengan polisi, membakar kendaraan dan menjarah toko-toko pada Kamis setelah tiga anak terluka dalam serangan pisau di luar sekolah.

Berikut adalah 5 pemicu kerusuhan di Dublin, Irlandia .

1. Dipicu Serangan Terhadap Anak-anak

5 Fakta Kerusuhan Dublin, Salah Satunya Dipicu Serangan di Sekolah

Foto/Reuters

Tiga anak termasuk di antara lima orang yang terluka pada hari Kamis dalam serangan pisau di luar Gaelscoil Colaiste Mhuire, sebuah sekolah untuk anak-anak usia sekolah dasar.

Polisi mengatakan tampaknya seorang pria berusia 50-an menyerang sejumlah orang tak lama setelah pukul 13:30 GMT pada hari Kamis. Anggota masyarakat melakukan intervensi pada tahap awal serangan.

Pria yang diduga berada di balik serangan itu juga terluka dan ditahan. Polisi mengatakan mereka tidak mencurigai keterlibatan orang lain.

Menurut laporan setempat, serangan itu terjadi ketika siswa keluar dari sekolah. Setelah serangan tersebut, kerusuhan dengan kekerasan terjadi tepat setelah pukul 18:00 GMT ketika sekelompok 50 pengunjuk rasa anti-imigran menerobos penghalang polisi.

2. Kelompok Sayap Kanan Marah

5 Fakta Kerusuhan Dublin, Salah Satunya Dipicu Serangan di Sekolah

Foto/Reuters

Polisi menyalahkan agitator sayap kanan yang memulai kekerasan. Beberapa orang berteriak “keluarkan mereka” dan salah satu dari mereka menendang kaca spion mobil polisi. Kendaraan dibakar dan toko-toko dijarah.

Polisi mengatakan lebih dari 400 petugas, termasuk banyak yang mengenakan perlengkapan antihuru-hara, dikerahkan di pusat kota Dublin untuk meredam kerusuhan. Kepala polisi Irlandia mengatakan pada hari Jumat bahwa 34 orang ditangkap terkait kerusuhan tersebut. Dari mereka, “32 … akan hadir di pengadilan pagi ini,” kata Komisaris Polisi Drew Harris pada konferensi pers, dilansir Al Jazeera.

3. Hooligan Dituduh Beraksi

5 Fakta Kerusuhan Dublin, Salah Satunya Dipicu Serangan di Sekolah

Foto/Reuters

Polisi mengatakan kerusuhan itu didorong oleh “faksi gila dan hooligan yang didorong oleh ideologi sayap kanan” dan memperingatkan terhadap “informasi yang salah”. Polisi tidak mau berkomentar mengenai identitas atau kewarganegaraan pria yang ditahan tersebut.

Parnell Square East adalah alun-alun Georgia di jantung kota Dublin. Berbatasan dengan Garden of Remembrance dan membentang ke selatan menuju O'Connell Street, jalan raya utama Dublin.

Setelah serangan itu, garis polisi dipasang di sekitar gedung Parlemen Irlandia dan Leinster House. Komisaris Polisi Harris mengatakan 13 toko dirusak atau dijarah, 11 mobil polisi dirusak dan dihancurkan serta tiga bus dan satu trem.

4. Situasi Bisa Dikendalikan

Menurut pihak berwenang, pusat kota Dublin kini tenang, namun petugas masih beroperasi dan memantau situasi. Pusat Manajemen Lalu Lintas dan Insiden Dewan Kota Dublin mengatakan Jalan O’Connell ke arah utara ditutup sementara Parnell Square Timur dan Utara ditutup.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1266 seconds (0.1#10.140)