Dosen Uhamka Ajak Mahasiswa Sofia University Bulgaria Kuliah di Indonesia

Sabtu, 25 November 2023 - 16:08 WIB
loading...
Dosen Uhamka Ajak Mahasiswa Sofia University Bulgaria Kuliah di Indonesia
Dosen Universitas Muhammadiyah Prof DR Hamka (Uhamka) Emaridial Ulza mengisi kuliah tamu di Sofia University, Bulgaria. FOTO/IST
A A A
JAKARTA - Dosen Universitas Muhammadiyah Prof DR Hamka (Uhamka) Emaridial Ulza mengisi kuliah tamu di Sofia University, Bulgaria. Kuliah tamu dilaksanakan di Center for Eastern Languages and Cultures dan dihadiri mahasiswa dari Program Studi South, East, and Southeast Asian Studies.

Dalam kesempatan itu, Emaridial Ulza memaparkan tentang budaya, politik, dan pendidikan di Indonesia. Ketua PP Pemuda Muhammadiyah itu juga menyampaikan keanekaragaman budaya, tradisi, dan adat istiadat yang mempengaruhi kehidupan sehari-hari orang Indonesia, dari tarian tradisional hingga seni rupa.

Selanjutnya, Emaridial Ulza menjelaskan dinamika politik di Indonesia, termasuk sistem demokrasi dan pemilihan umum. Ia juga menggarisbawahi peran Indonesia dalam politik regional dan global serta isu-isu penting yang tengah berlangsung di dunia.

Salah satu momen paling penting dalam kuliah tamu ini ketika Ulza menyampaikan tentang bahasa Indonesia. "Bahasa Indonesia baru saja diakui oleh UNESCO sebagai salah satu dari 10 bahasa resmi di dunia, sebuah prestasi yang membanggakan. Hal ini menandakan bahasa Indonesia mempunyai peran penting sebagai penghubung ribuan etnik dan menjadi penyatu kebudayaan antarbangsa serta siap untuk mendunia," kata Emaridial Ulza dalam keterangannya, Sabtu (25/11/2023).

Pada akhir kuliah tamu, Emaridial Ulza mengajak mahasiswa Sofia University untuk kuliah di Indonesia. Dia menjelaskan, Indonesia menawarkan pengalaman pendidikan yang berharga dengan berbagai program studi yang relevan, serta kesempatan untuk merasakan langsung kehidupan dan budaya Indonesia.

"Untuk Muhammadiyah sendiri, kami memiliki 171 universitas yang tersebar di seluruh Indonesia dan 1 di Malaysia, bukan hanya universitas kami memiliki sekolah, rumah sakit, dan panti asuhan. Anda bisa memilih di mana akan belajar tentang Asian Studies dengan pengalaman budaya di Indonesia secara langsung dan memberikan pengalaman yang berbeda dibandingkan dengan negara lain," tuturnya.

Saat ini Sofia University memiliki mata kuliah Bahasa Indonesia pertama di Bulgaria, yang menjadi wadah penting untuk memahami dan mempelajari bahasa yang baru saja diakui oleh UNESCO.

Kuliah tamu ini tidak hanya memperkuat hubungan antara kedua universitas, tapi juga memberikan dorongan positif untuk pertukaran budaya dan akademik yang lebih intensif antara kedua negara. Semakin banyak mahasiswa Bulgaria yang tertarik untuk belajar di Indonesia, semakin erat pula ikatan antara dua negara.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1902 seconds (0.1#10.140)