Begini Tips Belanja Hemat saat Gajian, Dijamin Ampuh!

Senin, 27 November 2023 - 17:29 WIB
loading...
Begini Tips Belanja Hemat saat Gajian, Dijamin Ampuh!
Baru terima penghasilan? Belanja hemat saat gajian tetap harus dilakukan agar tidak merusak anggaran selama sebulan ke depan. Foto/ MNC Media.
A A A
JAKARTA - Meski baru saja terima penghasilan, tapi belanja hemat saat gajian tetap harus dilakukan supaya tidak merusak anggaran Anda selama sebulan ke depan.

Di tengah gaya hidup yang semakin dinamis , belanja bisa menjadi tantangan tersendiri, terutama jika gaji yang dimiliki terbatas. Namun jangan khawatir, karena Anda tetap bisa belanja hemat tanpa mengorbankan kepuasan.

Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda terapkan supaya tetap bisa belanja hemat saat gajian.

Tips Belanja Hemat saat Gajian
1. Tentukan Anggaran Belanja

Rencana anggaran adalah kunci utama dalam mengatur keuangan kita. Buatlah daftar pengeluaran bulanan, termasuk biaya tetap seperti sewa, tagihan, dan transportasi. Ini akan membantu Anda melihat seberapa banyak yang bisa dialokasikan untuk belanja.

2. Buat Daftar Belanjaan

Sebelum benar-benar pergi membeli sesuatu, Anda disarankan untuk membuat daftar belanjaan terlebih dahulu. Tujuannya jelas, ini akan sangat membantu Anda untuk menahan pembelian barang-barang yang tidak diperlukan.

Usahakan mencatat daftar belanjaan dari barang-barang yang paling penting terlebih dahulu seperti sembako, makanan instan, dan sebagainya. Setelah itu, baru Anda bisa mencatat kebutuhan pendukung seperti vitamin, pakaian, dan yang lainnya. Untuk barang-barang lain di luar catatan, Anda bisa membelinya lain kali saja.

3. Bandingkan Harga

Mungkin Anda sudah memiliki tempat langganan untuk belanja bulanan, namun tidak ada salahnya untuk membandingkan harga dengan tempat lain. Tidak hanya toko offline, Anda juga bisa mengecek kebutuhan selama satu bulan di toko-toko online yang kini banyak tersedia. Namun, pastikan Anda memang memiliki waktu luang untuk membandingkan harga di tiap toko, ya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1118 seconds (0.1#10.140)