Mengenal Wabah Pneumonia yang Terjadi di China, Benarkah Disebabkan Virus Baru?

Selasa, 28 November 2023 - 21:32 WIB
loading...
Mengenal Wabah Pneumonia yang Terjadi di China, Benarkah Disebabkan Virus Baru?
Terjadi lonjakan penyakit mirip Pneumonia yang menyerang anak-anak di China. Foto/Telegraph/JADE GAO/AFP
A A A
JAKARTA - Lonjakan penyakit mirip Pneumonia yang menyerang anak-anak di China tengah menarik perhatian dunia. Sebab, terakhir kali terjadi wabah penyakit yang menyerang pernapasan di China menjadi awal munculnya pandemi Covid-19.

Peningkatan penyakit pernapasan yang menyerupai Pneumonia ini diumumkan oleh China pada 13 November 2023, di mana korban yang terdiagnosis kebanyakan adalah anak-anak.

Melansir dari Al Jazeera, meski angka resmi mengenai jumlah kasus belum tersedia, rumah sakit di Beijing mengalami lonjakan jumlah pasien, terutama di bangsal anak-anak.

Dilansir dari The Conversation, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah meminta informasi dari China tentang lonjakan ini pada 22 November 2023. Otoritas kesehatan China mengatakan wabah ini disebabkan oleh sejumlah patogen pernapasan.



Lantas, apa itu wabah Pneumonia? Simak ulasannya berikut ini.

Mengenal Wabah Pneumonia


Sebelum lebih dalam membahas tentang wabah yang terjadi di China, alangkah baiknya untuk mengetahui penyakit Pneumonia terlebih dahulu.

Pneumonia adalah kondisi peradangan pada paru-paru yang dapat disebabkan oleh infeksi bakteri, virus, jamur, atau zat kimia.

Paru-paru terdiri dari kantong-kantong udara kecil yang disebut alveoli. Ketika seseorang mengalami pneumonia, alveoli dapat menjadi meradang dan terisi cairan atau nanah, membuat pernapasan sulit.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1508 seconds (0.1#10.140)