Apa Itu Keffiyeh yang Membuat Pemuda Palestina Ditembak di AS?

Selasa, 28 November 2023 - 22:24 WIB
loading...
Apa Itu Keffiyeh yang Membuat Pemuda Palestina Ditembak di AS?
Keffiyeh merupakan simbol perlawanan dan perjuangan masyarakat Palestina. Foto/Arab News
A A A
JAKARTA - Tiga orang pemuda keturunan Palestina yang mengenakan keffiyeh ditembak di area kampus Universitas Vermont di Kota Burlington, Amerika Serikat, pada Sabtu (25/11/2023) malam waktu setempat.

Ketiganya adalah Hisham Awartani, Kinnan Abdel Hamid, dan Tahseen Ahmed yang merupakan mahasiswa dari tiga perguruan tinggi yang berbeda di Amerika. Dua korban dalam keadaan stabil, sementara korban ketiga mengalami cedera serius.

Menurut pihak kepolisian setempat, motif penembakan ini terjadi lantaran kebencian terhadap orang-orang pro-Palestina di tengah ketegangan konflik Israel vs Hamas. Terlebih ketiga pemuda tersebut sedang mengenakan keffiyeh Palestina saat insiden tersebut terjadi.



Lantas, apa itu keffiyeh? Berikut ulasan mengenai keffiyeh, sejarah dan fungsinya.

Apa Itu Keffiyeh?


Keffiyeh yang juga dikenal sebagai kufiya, shemagh, atau ghutrah, adalah sehelai kain persegi panjang yang biasanya terbuat dari katun atau bahan lain yang nyaman digunakan.

Penggunaan keffiyeh mengalami perubahan makna dan fungsi dari waktu ke waktu. Arti dari penggunaannya juga bergantung pada tempat dan budaya lokal.



Awalnya, keffiyeh digunakan sebagai pelindung dari kondisi cuaca yang panas di gurun, seperti sinar matahari yang terik dan angin berdebu. Seiring berjalannya waktu, keffiyeh berkembang menjadi simbol budaya dan politik yang kuat di berbagai komunitas.

Selain itu, makna simbolis, warna, dan motif keffiyeh bervariasi, tidak hanya antara negara, tetapi juga di tingkat regional.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4265 seconds (0.1#10.140)