alexa snippet

Melestarikan Batik Betawi Menjadi Primadona di Rumah Sendiri

Melestarikan Batik Betawi Menjadi Primadona di Rumah Sendiri
Melestarikan Batik Betawi Menjadi Primadona di Rumah Sendiri. (Koran SINDO).
A+ A-
JAKARTA - Pagelaran Kesenian Terpilih yang dikemas dalam bentuk kolaborasi tari, musik, dan fashion show oleh Abang None Jakarta Selatan 2017 bertema “Pesona Batik Jakarta” resmi digelar di Jakarta beberapa waktu lalu.

Acara tersebut merupakan kerja sama dengan Wali Kota Jakarta Selatan bersama Suku Dinas Pariwisata & Kebudayaan Jakarta Selatan dan Sekretariat Dewan Pimpinan KORPRI Provinsi DKI Jakarta.

Selain itu, kegiatan tersebut dalam rangka melaksanakan program Pengembangan dan Pemanfaatan Kebudayaan serta menunjang Program OK OCE. Salah satunya batik Jakarta sebagai salah satu ikon budaya Betawi.

Kegiatan ini juga dimaksudkan untuk mendorong tumbuhnya para perajin batik Jakarta yang dapat menciptakan wirausaha-wirausaha baru sehingga dapat menjadikan Batik Jakarta menjadi primadona di rumah sendiri.

Acara yang juga dihadiri oleh Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta diharapkan dapat menarik minat masyarakat dalam melestarikan budaya-budaya lokal Betawi, seperti batik, tari, musik, bir pletok, kerak telor.

Kota Jakarta diharapkan dapat menjadi etalase bagi budaya atau kebiasaan masyarakat yang ada di Indonesia.

Kepala Suku Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Administrasi Jakarta Selatan Nursyam Daoed mengatakan, pagelaran seni budaya kontemporer ini merupakan wujud dan bukti yang diambil oleh Suku Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jakarta Selatan untuk menjadi contoh bagi wilayah lain di Jakarta.

"Begitu juga di Nusantara dalam mengembangkan seni budaya asli, salah satunya batik betawi atau batik jakarta yang dikombinasikan dengan tren urban terutama bagi generasi milenial sehingga seni asli ini dapat bertahan dan berkembang secara lestari,” kata Nursyam. (mg1)
 

 
(nfl)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top