5 Fakta Pneumonia, Penyakit yang Tengah Mewabah di China

Rabu, 29 November 2023 - 16:46 WIB
loading...
5 Fakta Pneumonia, Penyakit yang Tengah Mewabah di China
Masyarakat Indonesia diimbau untuk waspada terkait penyakit pneumonia yang merebak di China. Foto/ ist.
A A A
JAKARTA - Wabah pneumonia tengah merebak di China. Masyarakat Indonesia pun diimbau untuk waspada.

Dilansir American Lung Association, pneumonia menyebabkan lebih dari satu juta pasien dirawat inap dan lebih dari 50 ribu kasus kematian di setiap tahunnya.

Pneumonia merupakan penyakit yang menyebabkan infeksi pada paru-paru yang diakibatkan adanya penumpukan cairan dan peradangan. Kondisi ini dapat mengakibatkan sulitnya bernapas atau pertukaran oksigen di paru-paru.


Fakta Pneumonia

1. Menerapkan Pola Hidup Sehat

Konsisten menerapkan pola hidup sehat merupakan salah satu upaya agar terhindar dari pneumonia . Beberapa contoh upayanya adalah pola makan sehat, olahraga rutin, mencuci tangan, istirahat yang cukup dan tidak merokok.

Pola hidup sehat ini selain menghindari pneumonia dapat menghindari penyakit yang lain dan juga mendorong pemulihan yang cepat ketika jatuh sakit.

2. Siapa Saja Bisa Terkena Pneumonia

Pneumonia dapat menjaring siapa saja dari berbagai usia dan jenis kelamin. Bahkan gejala umumnya juga dapat ditemui di berbagai orang yang keadaan tubuhnya kurang sehat. Gejala tersebut seperti demam, menggigil, batuk, nyeri dada, nafas terengah, dan badan terasa lemas.

3. Pneumonia Dapat Mengakibatkan Kematian

Jika pneumonia tidak ditangani secara cepat dan tepat maka dapat mengakibatkan kematian. Hal ini dikarenakan terjadinya gejala komplikasi yang menyulitkan untuk beraktivitas seperti gagal napas, sepsis atau disfungsi organ, dan abses paru.

Lansia dan anak-anak memiliki resiko yang lebih tinggi terkena pneumonia dikarenakan memiliki kekebalan tubuh yang lemah.

4. Penyebab Pneumonia

Pneumonia dapat disebabkan oleh berbagai faktor baik dari virus, jamur dan bakteri. Karena banyaknya faktor penyebab, maka dari itu penting untuk mengenal dan memahami penyebab pneumonia untuk menentukan penanganan yang tepat oleh tenaga ahli medis.


5. Pneumonia Bisa Ditangani secara Bertahap

Untuk menangani secara bertahap dapat dilakukan dengan cara mendapatkan vaksinasi flu di setiap tahunnya guna mencegah penyakit influenza musiman. Flu merupakan salah satu penyebab umum pneumonia .

Dengan cara tersebut maka dapat menghindari terkena pneumonia. Bagi yang memiliki resiko lebih tinggi dapat melakukan vaksinasi pneumonia pneumokokus di fasilitas kesehatan yang menyediakan.

MG/Stevhani Tobing
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1113 seconds (0.1#10.140)