8 Alternatif Pengganti Nasi Putih, Singkong hingga Shirataki

Kamis, 30 November 2023 - 17:45 WIB
loading...
8 Alternatif Pengganti Nasi Putih, Singkong hingga Shirataki
Singkong dan jagung merupakan dua makanan yang bisa jadi alternatif pengganti nasi putih. Foto/ MNC Media.
A A A
JAKARTA - Singkong dan jagung merupakan dua makanan yang bisa jadi alternatif pengganti nasi putih . Keduanya kaya akan karbohidrat dan tentunya sama kenyangnya dengan nasi putih.

Banyak orang yang menghindari konsumsi karbohidrat karena takut gemuk. Padahal, karbohidrat adalah sumber energi yang tak boleh dilewatkan.

Beberapa orang memilih makanan pengganti nasi putih untuk proses diet. Karena itu, untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat dan serat, beberapa makanan berikut ini bisa sebagai pengganti.

Alternatif Pengganti Nasi Putih

1. Singkong

Makanan ini mudah ditemukan di Indonesia, sehingga dapat menjadi pilihan pengganti nasi untuk diet. Singkong dipercaya dapat mengobati dehidrasi, kelelahan, sepsis (infeksi darah), dan untuk menginduksi persalinan.

Kandungan gizi pada singkong mirip dengan kentang. Namun, singkong mengandung zat kimia glikosida sianogen yang dapat melepaskan sianida dalam tubuh. Oleh karena itu, singkong harus dibersihkan dengan benar sebelum dimakan untuk mencegah keracunan sianida.

2. Jagung

Jagung bukanlah makanan asing di Indonesia, bahkan beberapa daerah menjadikan jagung sebagai makanan utamanya. Dalam 100 gram biji jagung terdapat 86 kalori dan berbagai jenis vitamin B, seperti B1, B3, B5, dan B9 atau folat. Bahkan, kandungan vitamin B dalam jagung sudah memenuhi 10%-19% nilai harian yang harus dikonsumsi.

Makanan pengganti nasi untuk diet ini juga mengandung serat, magnesium, fosfor dan vitamin C yang penting untuk tubuh. Bahkan, serat pada jagung dapat membantu menurunkan kolesterol dan mengatasi susah buang air besar.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1291 seconds (0.1#10.140)