Berapa Lama Insulin Bekerja saat Diabetes Tipe 2 Menyerang?

Jum'at, 01 Desember 2023 - 07:25 WIB
loading...
Berapa Lama Insulin Bekerja saat Diabetes Tipe 2 Menyerang?
Banyak yang bertanya soal waktu yang dibutuhkan insulin untuk bekerja saat diabetes tipe 2 menyerang. Foto/ diabetesstrong
A A A
JAKARTA – Berapa lama waktu yang dibutuhkan insulin untuk bekerja saat diabetes tipe 2 menyerang? Ini menjadi pertanyaan banyak orang.

Dilansir healtline, hal itu bergantung pada jenis insulin, merek, tempat suntikan dan faktor lainnya. Apalagi, setiap orang berbeda, cara tubuh merespons insulin juga tidak sama dari orang lain.

Cara kerja insulin dalam tubuh

Insulin diproduksi secara alami di dalam tubuh oleh pankreas. Pankreas Anda mengandung jutaan sel beta – sel ini bertanggung jawab untuk membuat insulin.

Setiap kali Anda mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat, sel beta biasanya melepaskan insulin sehingga sel lain di tubuh Anda dapat menggunakan glukosa darah yang didapat dari makanan untuk energi. Dalam arti tertentu, insulin bertindak sebagai kunci, membiarkan glukosa masuk ke dalam sel.



Bagaimana insulin bekerja tanpa diabetes?
Pada orang yang tidak menderita diabetes, tubuh memproduksi insulin setelah pencernaan.

Kehadiran insulin memicu sel untuk mengambil glukosa dan menggunakannya sebagai energi. Kemampuan sel untuk merespon insulin disebut sensitivitas insulin.

Apa yang terjadi pada insulin ketika Anda menderita diabetes?

Jika Anda menderita diabetes , tubuh Anda tidak dapat memproduksi insulin apa pun, cukup insulin, atau resisten terhadapnya. Itu berarti glukosa tidak dapat masuk ke sel-sel tubuh Anda secara efektif.

Ketidakmampuan sel untuk menyerap glukosa dalam darah menyebabkan peningkatan kadar gula darah.

Kadar gula darah mungkin tinggi setelah makan. Mereka mungkin juga tinggi di antara waktu makan karena hati membuat glukosa ketika kita berada di antara waktu makan atau tidur.

Penderita diabetes sering kali memberikan suntikan insulin atau menggunakan insulin inhalasi untuk meningkatkan kadar gula darahnya.

Karakteristik insulin

Insulin ada dalam bentuk suspensi dan memiliki kekuatan berbeda. Standar kekuatan yang digunakan di Amerika adalah U-100. Artinya mengandung 100 unit insulin per mililiter cairan.

Meskipun kekuatan insulin bervariasi, aksinya bergantung pada tiga karakteristik: permulaan, waktu puncak dan durasi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2635 seconds (0.1#10.140)