Dahsyatnya Keutamaan Adzan Bikin Setan Lari Terbirit-birit

Sabtu, 02 Desember 2023 - 21:13 WIB
loading...
Dahsyatnya Keutamaan Adzan Bikin Setan Lari Terbirit-birit
Disunnahkan Adzan pada waktu selain sholat seperti Adzan untuk bayi, orang yang sedih, atau orang yang sedang kesurupan. Foto/ist
A A A
Adzan diartikan sebagai panggilan sekaligus pemberitahuan masuknya waktu sholat fardhu. Adzan dikumandangkan dengan menggunakan lafaz-lafaz yang ma'tsurah sesuai tuntunan Nabi ﷺ.

Karena itu, umat Islam diperintahkan menjawab panggilan Adzan dan berdoa setelahnya. Dalam Hadis, disebutkan bahwa Adzan memiliki keutamaan yang sangat dahsyat hingga membuat setan lari terbirit-birit.

Ketika suara Adzan dikumandangkan, setan dan bala tentaranya akan lari terbirit-birit bahkan sampai terkentut-kentut. Ia sengaja kentut agar suara Adzan itu tidak lagi terdengar di telinganya.

Pada masa Rasullullah ﷺ, Adzan dikumandangkan oleh beberapa sahabat di antaranya Bilal bin Robbah, Ibnu Ummi Maktum, Abu Mahzurah, dan Sa'ad Al-Qarazh radhiyallahu 'anhum. Mereka semua adalah Muazzin (juru Adzan) Rasulullah.

Penyebab Setan Lari Saat Mendengar Adzan
Penyebab setan lari terbirit-birit ketika Adzan dikumandangkan karena di dalamnya terdapat kalimat-kalimat yang agung. Setan merasa kepanasan ketika kalimat dzikir yang menganggungkan asma Allah dikumandangkan. Apalagi dalam Adzan terkandung kalimat Syahadat, ajakan untuk sholat dan menggapai kemenangan.

Apalagi jika Adzan dikumandangkan dengan suara keras akan menambah ketakutan bagi setan dan membuatnya lari terbirit-birit. Nabi ﷺ bersabda tentang keutamaan Adzan ini:

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ إِذَا نُودِيَ لِلصَّلَاةِ أَدْبَرَ الشَّيْطَانُ لَهُ ضُرَاطٌ حَتَّى لَا يَسْمَعَ التَّأْذِين،َ فَإِذَا قُضِيَ التَّأْذِينُ أَقْبَلَ، حَتَّى إِذَا ثُوِّبَ بِالصَّلَاةِ أَدْبَر،َ حَتَّى إِذَا قُضِيَ التَّثْوِيبُ أَقْبَلَ حَتَّى يَخْطُرَ بَيْنَ الْمَرْءِ وَنَفْسِهِ يَقُولُ لَهُ اذْكُرْ كَذَا وَاذْكُرْ كَذَا لِمَا لَمْ يَكُنْ يَذْكُرُ مِنْ قَبْلُ حَتَّى يَظَلَّ الرَّجُلُ مَا يَدْرِي كَمْ صَلَّى (رواه مسلم)

Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu bahwa Nabi Muhammad ﷺ bersabda: "Apabila Adzan dikumandangkan, maka setan akan lari berpaling, dia memiliki kentut hingga dia tidak mendengarkan suara Adzan. Dan apabila Adzan telah selesai, maka dia kembali lagi. Dan apabila iqamah dikumandangkan, dia lari berpaling, hingga apabila iqamah telah selesai, maka dia kembali lagi hingga mengingatkan antara seseorang dengan dirinya. Dia berkata, 'Ingatlah ini, ingatlah itu, untuk sesuatu yang tidak dia ingat sebelumnya, hingga senantiasa seseorang tidak mengetahui berapa rakaat dia telah melakukan sholat." (HR Muslim 585)

Imam Al-Haitami berkata dalam Kitab At-Tuhfah: "Disunnahkan Adzan pada waktu selain sholat seperti Adzan untuk bayi, orang yang sedih, orag yang kesurupan, orang yang emosi, orang yang buruk akhlaknya. Dan adzan di tengah para tentara, ketika terjadi kebakaran."

Wallahu A'lam

(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2871 seconds (0.1#10.140)