Antusias, Penonton Serbu Gelaran Road to Awarding Night Festival Film Bulanan 2023 di Makassar

Senin, 04 Desember 2023 - 13:28 WIB
loading...
Antusias, Penonton Serbu Gelaran Road to Awarding Night Festival Film Bulanan 2023 di Makassar
Studio 4 XXI Mall Ratu Indah Makassar menjadi saksi keseruan Road to Awarding Night Festival Film Bulanan (Fesbul) 2023 pada Minggu, 26 November lalu. Foto/Istimewa
A A A
MAKASSAR - Studio 4 XXI Mall Ratu Indah Makassar menjadi saksi keseruan Road to Awarding Night Festival Film Bulanan (Fesbul) 2023 pada Minggu, 26 November lalu. Acara yang menampilkan pemutaran 2 Film Terpilih Fesbul Lokus 8 (Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, dan Sulawesi Tengah)sukses memukau para penonton yang memadatibioskop. Penonton rela duduk di lorong bahkan di lantai studio karena seluruh bangku terisi penuh.

Dua Film Terpilih Fesbul yang menjadi bintang pada malam itu adalah film pendek fiksi berjudul ‘Di Antara’ karya sutradara Rosida Thia Itami, asal Kota Mamuju, serta film pendek fiksi berjudul ‘Basri & Salma in A Never Ending Comedy’ yang disutradarai oleh Khozy Rizal, asal Kota Makassar. Para penonton dengan penuh antusias hadir untuk menikmati kedua karyatersebut.

Rosida Thia Itami menyampaikan rasa terima kasihnya atas apresiasi yang diberikan Fesbul kepada filmnya. Ia menuturkan bahwa ide cerita filmnya bersumber dari realitas sosial, khususnya dalam pengelolaan anggaran pembangunanoleh pemerintah kerap dengan cara yang salah dan dinamika kehidupan beragama di lingkungan masyarakat.

“Film ini sengaja dibuat sebagai ruang pembangunan nalar kritis terhadap realitas sosial yang menyimpang,” ungkap Rosida.

Selain film ‘Di Antara’, film ‘Basri & Salma in A Never Ending Comedy’ juga menyajikan pengalaman sinematik yang memukau. Dengan dialog khas Makassar, film ini berhasil membuat seisi studio 4 bergemuruh. Film ini menceritakan tentang sepasang suami istri yang sudah menikah selama lima tahun. Mereka merupakan pemilik odong-odong yang dikelola bersama dalam suatu karnaval dan menghabiskan hari-hari dengan menjaga serta menghibur anak-anak orang lain,padahal mereka sendiri tidak memiliki anak. Dalam suasana yang penuh dengan campur tangan kerabat, keraguan diri, dan konfrontasi yang memuncak, mereka mengungkapkan alasan belum juga dikaruniai seorang anak.

Arham Rizky Saputra dan Rezkhy Chiki, pemeran utama film ‘Basri & Salma’, turut hadir dalam pemutaran dan berbagi pengalaman. Meskipun ini adalah pengalaman pertama berakting dalam sebuah film, mereka berhasil menghadirkan karakter Basri dan Salma dengan apik. Tantangan menjadi sosok yang tenang dalam tekanan dan perempuan kuat serta dominan menjadi pengalaman berharga bagi keduanya.

PenyelenggaraanFestival Film Bulanan merupakan salah satu program yang didukung penuh oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia guna terus mendukung industri perfilman di Indonesia. Setiap bulan di sepanjang tahun 2023, Fesbul menyeleksi dan memilih dua film pendek terbaik berdasarkan zonasi, baik film fiksi maupun dokumenter, yang berasal dari 10 Lokasi Fokus (Lokus) berbeda dari berbagai wilayah di Indonesia, yang mana dua film terpilih dari masing-masing Lokus akan menjadi nominasi untuk mendapat penghargaan di Malam Anugerah.

Road to Awarding Night merupakan salah satu bentuk apresiasi terhadap para nominasi yang tidak hanya digelar di Makassar, tetapi jugadilaksanakandi berbagai daerah seperti Yogyakarta, Jambi, Lombok, Padang, Jayapura, Ambon, Jakarta, Pontianak, dan Bandung. Pemilihan lokasi yang beragam ini memperkuat eksistensi industri perfilman di berbagai penjuru Indonesia.

Malam Anugerah Fesbul 2023 akan digelar pada 9 Desember 2023 di Jakarta International Expo Convention Centre. Ada beberapa kategori yang disematkan pada Malam Anugerah, yakni Ide Cerita Terbaik, Visual Terbaik, Audio Terbaik, Film Dokumenter Terbaik, Film Fiksi Terbaik, dan Apresiasi Favorit Penonton.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2159 seconds (0.1#10.140)